ANALISIS KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN BUMN SEBELUM DAN SETELAH PRIVATISASI

Umi Rachmah Damayanti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan yang signifikan dalam keuangan Badan Usaha Milik Negara setelah privatisasi. Penelitian ini dilakukan dengan membedakan dua sumber pengelolaan Badan Usaha Milik Negara sebelum atau sesudah privatisasi. Data dikumpulkan dari laporan keuangan per Desember yang telah dilakukan privatisasi dengan IPO. Penelitian ini ditujukan kepada 9 Badan Usaha Milik Negara yang telah go public dan terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Karakteristik penelitian ini adalah profitabilitas, produktivitas aset, leverage dan payout. Karakteristik pertama diukur dengan menggunakan indikator return on assets, return on equity, dan return on sales, karakteristik kedua diukur dengan menggunakan indikator turn over aset, karakteristik ketiga diukur dengan menggunakan hutang terhadap aset, dan Karakteristik terakhir diukur dengan menggunakan dua indikator yaitu dividen terhadap penjualan dan dividen terhadap pembayaran. Instrumen statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Signed Rank Wilcoxon. Instrumen yang digunakan untuk mengevaluasi pengobatan dua pengamatan antara sebelum dan sesudah periode perlakuan privatisasi. Hipotesis menyimpulkan bahwa privatisasi tidak berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kinerja keuangan perusahaan negara. Penelitian ini memberikan rekomendasi dan saran kepada manajer perusahaan milik negara bahwa sebelum melakukan privatisasi, dia harus bekerja keras untuk memperbarui pengelolaan perusahaan milik negara untuk meningkatkan dan mengembangkannya setelah melakukan privatisasi.


Keywords


Privatisasi, Return on Asset, Return on Equity, Return on Sales, Perputaran Aset, Utang terhadap Aktiva, Dividen terhadap Penjualan dan Pembayaran Divide

Full Text:

PDF

References


Ariff, M., & T.K.K. Iyer, 1995, Privatization, Public Sector Reforms and Development Strategies of Developing Countries, Asian Journal of Public Administratrion, Vol 17, No. 2.

Akhmad Syakhroza, 2005, Corporate Governance : Sejarah dan Perkembangan, Teori, Model dan Sistem Governance serta Aplikasinya pada perusahaan BUMN, Jakarta : FE UI

Agus Sartono,., 2001, Manajemen Keuangan : Teori dan Aplikasi, Yogyakarta : BPFE

Bennet, John., Saul Estrin, James Maw & Giovani Urga., 2004, Privatization Methods and Economic Growth, Brunel University : United Kingdom.

Brigham, Eugene F. & Joel F. Houston, 2001, Manajemen Keuangan, Edisi ke delapan, Jakarta : Erlangga.

Brealey, Richard A., Stewart C. Myers & Alan J. Marcus, 2004, Fundamentals of Corporate Finance, McGraw-Hill.

D’Souza, Juliet & William L, Meggison, 1999, The Financial and Operating Perfomance of Privatized Firms During the 1990s, Journal of Finance.

Djokosantoso Moeljono, , 2004, Reinvensi BUMN : Empat Strategi Membangun BUMN kelas Dunia, Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Dibyo Soemantri Priambodo, , 2004, Refleksi BUMN 1993 – 2003, Yogyakarta : Media Pressindo

H.S Hadibroto,., 1990, Mengembangkan Strategi Ekonomi, Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.

Ika Syahrir, dan Agunan P. Samosir, 2002, Analisis Privatisasi BUMN dalam Rangla Pembiayaan APBN, Kajian ekonomi dan Keuangan, Vol 6, No. 4, Jakarta

Indra Bastian, , 2003, Privatisasi di Indonesia : Teori dan Implementasi, Jakarta : Salemba Empat

Imam Ghozali, & N. John Castellan, Jr, 2002, Statisitik Non-Parametrik : Teori dan Aplikasi dengan Program SPSS, Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

J. Supranto, 2001, Statistik : Teori dan Aplikasi Edisi Keenam, Jakarta : Erlangga.

Jusmaliani, 2004, Inovasi Dalam Privatisasi, Jurnal Ekonomi dan Pembangunan, Pusat Penelitian Ekonomi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia P2E-LIPI.

Lukas Setia Atmaja, , 1999, Manajemen Keuangan (Edisi Revisi), Yogyakarta : ANDI Yogyakarta

Lukman Syamsuddin, , 2004, Manajemen Keuangan Perusahaan : Konsep Aplikasi dalam Perencanaan, Pengawasan dan Pengambilan Keputusan, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Munari, Federico., Raffaele Oriani & Luiss Guido Carli, 2002, Privatization and Economic Returns to R&D Envestements : An Empirical Analysisi Based on Tobin’s q, U. Of Bologna

Mohamad Suhud, , 2002, Privatization : A Review on the Power Sector Restucturing in Indonesia, INFID’s Background Paper on Privatization.

Sofyan Syafri Harahap, 2004, Analisis atas Laporan Keuangan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

North, Douglass C., ______, Privatization, Incentive and Economic Perfomance, Washintong University, St. Louis.

Pandu Patriadi, 2003, Studi Efektivitas Kebijakan Privatisasi BUMN dalam Rangka Pembiayaan APBN, Jakarta

Pandu Patriadi, , 2003, Studi Banding Kebijakan Privatisasi BUMN di Beberapa Negara, Kajian Ekonomi dan Keuangan, Vol 7, No. 4, Jakarta.

Pandu Patriadi, , 2003, Studi Kebijakan Dividen BUMN dalam Memberikan Kontribusi Optimal Terhadap APBN, Jakarta

Purwoko, 2002, Model Privatisasi BUMN yang mendatangkan Manfaat Bagi Pemerintah dan Masyarakat Indonesia, Kajian Ekonomi dan Keuangan, Vol 6, No. 1, Jakarta

Riant Nugroho Dwijowijoto dan Ricky Siahaan, 2005, BUMN Indonesia : Isu, Kebijakan dan Strategi, Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Steward, Richard A., 2001, An Economic Analysis of Privatization and Competition in The Telecommunications Sectors : Case Study of the U.S., U.K., Mexico and China, Temple University, Fox School of Business and Management.

Sugiyono, 2004, Metode Penelitian Bisnis, Bandung : CV. Alfabeta

Singgih Santoso. 2003, Mengatasi Berbagai Masalah Statistik dengan SPSS Versi 11.5, Jakarta : PT. Elex Media Komputindo

Wai-Hong Po, 1999, Economic Analysis of Privatization, PhD in Economics, Virginia Polytechnic and State University, USA

______________, 2001, Master Plan BUMN Tahun 2002 – 2006, Kantor Kementrian Negara BUMN, Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiq.v13i2.4394

Refbacks

  • There are currently no refbacks.