“PENGARUH FINANCIAL LEVERAGE, DIVIDEND PAYOUT RATIO, NET PROFIT MARGIN DAN KEPEMILIKAN PUBLIK TERHADAP PRAKTIK PERATAAN LABA (Studi pada perusahaan Manufaktur yang Terdapat di Bura Efek Indonesia Tahun 2016-2018) ”

Mega Riska, Yusralaini Yusralaini, Poppy Nurmayanti

Abstract


ABSTRAK

 

PENGARUH FINANCIAL LEVERAGE, DIVIDEND PAYOUT RATIO, NET PROFIT MARGIN DAN KEPEMILIKAN PUBLIK TERHADAP PRAKTIK PERATAAN LABA

(Studi pada perusahaan Manufaktur yang Terdapat di Bura Efek Indonesia Tahun 2016-2018)

 

 

OLEH:

MEGA RISKA

 

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh financial leverage, dividend payout ratio, net profit margin, dan kepemilikan publik terhadap praktik perataan laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode tahun 2016-2018. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 44 perusahaan dengan metode penarikan sampel menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh melalui laporan keuangan perusahaan. Analisis data menggunakan regresi linier berganda yang terdiri analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis.

Hasil analisis data linier berganda menunjukkan kepemilikan publik berpengaruh positif dan signifikan terhadap praktik perataan laba. Dividend payout ratio berpengaruh negatif dan signifikan terhadap praktik perataan laba. Sedangkan untuk variabel financial leverage dan net profit margin tidak berpengaruh signifikan terhadap praktik perataan laba.

 

Kata Kunci : Financial Leverage, Dividend Payout Ratio, Net Profit Margin, Kepemilikan Publik, dan Praktik Perataan Laba

Keywords


Financial Leverage, Dividend Payout Ratio, Net Profit Margin, Kepemilikan Publik, dan Praktik Perataan Laba

References


Abdul, Halim. 2007. “Manajemen Keuangan Dearah”. Jakarta: Salemba Empat.

Abiprayu, Kris Brantas. 2011. Pengaruh profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Financial Leverage, Kualitas Audit, dan Dividend Payout Ratio terhadap Perataan Laba (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2006-2009).

Aji, D. Y., dan A. F. Mita. 2010. “Pengaruh Profitabilitas, Risiko Keuangan, Nilai Perusahaan dan Struktur Kepemilikan Terhadap Praktik Perataan Laba: Studi Empiris Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI”, Makalah Simposium Nasional Akuntansi, XIII, Purwokerto.

Belkaoui, Ahmed. 2007. “Teori Akuntansi Buku dua”. Jakarta : Salemba Empat.

Budiasih, Igan.2009. Faktor-faktor yang mempengauhi praktik perataan laba. Skripsi.Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi, Universitas Udayana

Christiana, Lusi. 2012. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Praktek Perataan Laba Pada Perusahaan Manufaktur di BEI. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi. Vol. 1, No. 4

Fitriani, Azizah. 2018. Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Financial Leverage terhadap Praktik Perataan Laba (Income Smoothing) pada Perusahaan Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015.

Ginantra, I Komang Gede dan I Nyoman Wijana Asmara Putra. 2015. Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Publik, Dividend Payout Ratio, dan Net Profit Margin Pada Perataan Laba.

Hasanah, Marsidatul. 2013, Pengaruh Ukuran Perusahaan, Financial Leverage, dan Kebijakan Dividen terhadap Perataan Laba. Jurnal Akuntansi Universitas Negeri Padang. Vol 1, No 1 (2013): seri B

Istiqomah, Dyah Febriantina. 2010. Analisis Pengaruh Profitabilitas, Solvabilitas, Likuiditas, dan Kepemilikan Publik terhadap Keterlambatan Publikasi Laporan Keuangan. Skripsi. Surakarta, Ekonomi Universitas Sebelas Maret.

Lahaya, Ibnu Abni. 2017. Pengaruh Dividend Payout Ratio, Risiko Keuangan, Nilai Perusahaan, dan Ukuran Perusahaan terhadap Perataan Laba (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia Listing di Bursa Efek Indonesia).

Nuraeni, Dini. 2010. Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham Terhadap Kinerja Perusahaan. Skripsi Fakultas Ekonomi UNDIP.

Prasetya, Harris. 2013. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Financial Leverage, Klasifikasi Kap dan Likuiditas Terhadap Praktik Perataan Laba.

Putra, Rizky Anggriawan Susanta, dan Ketut Alit Suardana. 2016. Pengaruh Varian Nilai Saham, Kepemilikan Publik, dan Debt To Equity Ratio Pada Praktik Perataan Laba.

Sugiarti, Rita. 2017. Faktor-faktor Rasio Keuangan dan Good Corporate Governance yang Mempengaruhi Praktik Perataan Laba.

Sulistyanto, Sri, 2008. Manajemen Laba Teori dan Model Empiris. Jakarta: PT. Grasindo

Widhyawan, Made Indra, dan Ida Bagus Dharmadiaksa. 2015. Pengaruh Financial Leverage, Deviden Payout Ratio, dan Penerapan Corporate Governance Terhadap Perataan Laba.

Wijayanti, Ngestiana. 2009. Pengaruh Profitabilitas, Umur Perusahaan, Ukuran Perussahaan, dan Kepemilikan Publik Terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan Perusahaan. Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Sebelas Maret.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiq.v17i2.12275

Refbacks

  • There are currently no refbacks.