RANCANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN

Jam'ah abidin

Abstract


Rancangan (design) pembelajaran berkaitan dengan menentukan tujuan pembelajaran, strategi dan teknik untuk mencapai tujuan serta merancang media yang dapat digunakan untuk efektivitas pencapaian tujuan. Mendesain pembelajaran harus diawali dengan studi kebutuhan (need assessment), karena berkenaan dengan upaya untuk memecahkan persoalan (problem soving) yang berkaitan dengan proses pembelajaran siswa dalam mempelajari satu bahan (materi) pembelajaran. Strategi (siyâsat) pembelajaran merupakan seluruh komponen materi pembelajaran dan prosedur atau tahapan aktivitas belajar yang digunakan oleh guru dalam rangka membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran. Dengan demikian, strategi pembelajaran merupakan suatu pendekatan guru terhadap penggunaan informasi, mulai dari pemilihan sumber belajar sampai dengan menetapkan peranan peserta didik dalam pembelajaran.

Keywords


Rancangan, strategi dan pembelajaran

References


Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran, Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2009.

Danim, Sudarwan, Media Komunikasi Pendidikan, Pelayanan Profesional Pembelajaran dan Mutu Hasil Belajar, Jakarta : Bumi Aksara, Cetakan III, April 2010.

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Rineka Cipta, Cetakan III, Februari 2006.

Effendy, Onong Uchjana, Psikologi Managemen, Bandung : Alumni, Cetakan II, 1985.

Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi, Jakarta : Rajagrafindo Persada, Cetakan IV, 2010.

Muhaimin, Sutiah dan Sugeng Listyo Prabowo, Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada Sekolah Menengah dan Madrasah, Jakarta : Rajawali Pers, 2009.

Munadi, Yudhi, Media Pembelajaran, Sebuah Pendekatan Baru, Jakarta : Gaung Persada Press, Cetakan I, November 2008.

Nata, Abudin, Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran, Jakarta : Kencana, Cetakan I, Oktober 2009.

Nizar, Samsul, Hakekat Manusia dalam Perspektif Pendidikan Islam, Membangun Pola Pendidikan Yang Humanistik, Pekanbaru : Suska Press, Cetakan I, September 2009.

Prawiradilaga, Dewi Salma, Prinsip Disain Pembelajaran, Instructional Design Principles, Jakarta : Kencana, Cetakan II, Januari 2008.

----------------, dkk, Buku Kerja Prinsip Disain Pembelajaran, Instructional Design Principles, Jakarta : Kencana, Cetakan II, Januari 2008.

Rakhmat, Jalaluddin, Psikologi Komunikasi, Bandung : Remadja Karya, Cetakan II, 1980.

Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran, Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta : Kencana, Cetakan VI, Maret 2009.

-------------, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta : Kencana, Cetakan III, 2010.

Supriadi, Dedi, Membangun Bangsa Melalui Pendidikan, Bandung : Remajakarya Rosda, Cetakan II, 2005.

Syafaat, Aat, dan Sarhrani, Sohari, Peranan Pendidikan Agama Islam dalam Mencegah Kenakalan Remaja, (Juvenile Delinquency), Jakarta : Rajagrafindo Persada, 2008.

Tafsir, Ahmad, Filsafat Pendidikan Islami, Integrasi Jasmani, Rohani dan Kalbu Memanusiakan Manusia, Bandung : Remaja Rosdakarya, Cetakan III, November 2008.

Tim Prima Pena, Kamus Besar Bahasa Indonesia, edisi terbaru, Jakarta : Gitamedia Press, tt.

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Konsep, Landasan dan Implementasinya pada KTSP, Jakarta : Kencana, Cetakan III, September 2010.

Warsita, Bambang, Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya, Jakarta : Rineka Cipta, Cetakan I, Desember 2008.

Wehr, Hans, A Dictionary of Modern Written Arabic, Arabic-English, edited by J.Milton Cowan, Beirut : Maktabah Lubnan, Cetakan IV, 1974.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/af.v12i1.3863

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office Board

Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. KH. Ahmad Dahlan, No. 94 Kode Pos : 28129.

 

Contact Person :

Khairunnas Jamal

khairunnasjamal@uin-suska.ac.id

0823 6130 7171

  

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats