Tarekat Al-Idrisiyyah Dalam Membangun Akhlak Mulia Generasi Muda

Andi Nurlaela, Naan Muhammad Naim, Risyam Amaludin Syehab

Abstract


Salah satu tarekat yang diikuti dan populer di kalangan umat Islam di Indonesia adalah Tarekat Al-Idrisiyyah yang berpusat di  Pondok Pesantren Idrisiyyah Tasikmalaya. Disamping mengelola pendidikan, Ponpes Idrisiyyah juga saat ini mempunyai fokus perhatian di bidang ekonomi dengan memiliki mini market yang di kasih nama Qini Mart. Melihat sistem pendidikan yang diterapkan di pondok pesantren ini, begitu menarik perhatian penulis untuk mengetahui dan meneliti lebih dalam mengenai peranan Tarekat Al-Idrisiyyah dalam bidang Akademik (pendidikan) terhadap Negara Indonesia. Tarekat Al-Idrisiyyah sangat mendidik para santri/santriah untuk hidup disiplin. Karena, kualitas generasi muda yang baik dipandang harus mampu memiliki kedisiplinan. Dalam segi waktu, para santri/santriah sangat disiplin. Hal ini bisa dilihat dari waktu bangun tidur mereka, mereka bangun pada dini hari dan melaksanakan sholat tahajud bersama. Di samping itu, setiap waktu sholat pun mereka selalu hadir di masjid sebelum adzan dikumandangkan. Itulah salah satu contoh kedisiplinan yang diterapkan oleh Tarekat Al-Idrisiyyah. Metode penelitian yang dilaksanakan dalam penelitian ini ialah penelitian kualitatif deskriptif, dengan pendekatan studi kasus. Selama penelitian ini, diri di pusatkan pada satu objek tertentu yang dianggap sebagai suatu kasus secara intensif. Dikumpulkan berbagai sumber dari pihak yang bersangkutan untuk memperoleh data studi kasus dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai sejarah dan amalan-amalan Tarekat Al-Idrisiyyah. Disamping itu juga, penelitian ini bermaksud untuk memaparkan system pendidikan yang diterapkan di Pondok Pesantren  Idrisiyyah dalam membangun generasi mudaTRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

Full Text:

PDF

References


Al-Idrisiyyah, P. Y. (2007). Mengenal Tarekat Idrisiyyah: Sejarah dan Ajarannya. Jakarta.

Moleong, L. J. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda.

Ridwan, N. M. (2008). Dakwah dan Tarekat "Analisis Majlis Taklim Al-Idrisiyyah melalui Tarekat di Batu Tulis Gambir Jakarta Pusat (Skripsi). Jakarta: UIN Syarif Hidayatulloh.

Wawancara dengan Kepala Divisi Pendidikan Yayasan Idrisiyyah.

Giantara, F., & Astuti, A. (2020). Kemampuan Guru Matematika Mempertahankan Substansi Materi Melalui Proses Pembelajaran Online. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 787-796.

Nahwiyah, S., Mualif, A., Haironi, R., Mailani, I., & Wismanto, W. (2023). Peran Mahasiswa Calon Guru MI/SDIT dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur’an pada Mahasiswa Prodi PGMI Universitas Muhammadiyah Riau. Journal on Education, 5(3), 9573-9583.

Mujtahid, I. M., Berlian, M., Vebrianto, R., Thahir, M., & Irawan, D. (2021). The development of digital age literacy: A case study in Indonesia. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(2), 1169-1179.

Nopriyanti, W. (2020). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Negeri 001 Pasar Baru Pangean. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 2(2), 184-201.

Giantara, F., Yanti, N., Handayani, S., & Anis, Y. (2020). Pola Pendidikan keluarga Saat Bencana Kabut Asap di Kota Pekanbaru. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 778-786.

Giantara, F. (2020). Analisis Data (Kualitatif, Kuantitatif, Metode Campuran, dan Penelitian Tindakan). Pekanbaru: LPPM STAI Diniyah Pekanbaru.

Berlian, M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Development of Webtoon Non-Test Instrument as Education Media. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1), 185-192.

Amiliya, R., & Giantara, F. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 4(2), 116-125.

Giantara, F., & Amiliya, R. (2021). Urgensi Kebijakan Pendidikan Islam sebagai bagian dari Kebijakan Publik (Analisis Teoretis). Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 11(2), 86-96.

Radeswandri, R., Budiawan, A., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Developing instrument to measure the use of online comic as educational media. Journal of Education and Learning (EduLearn), 15(1), 119-126.

Berlian, M., Mujtahid, I. M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Profil Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Era Covid-19: Studi Kasus di Universitas Terbuka. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 77-84.

Syahbudin, Z., Ahmad, R. R. M. R., Zein, N., & Thahir, M. (2023). Developing Students’religious Moderation Through Group Counseling at Islamic Higher Education. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 15-28.

Amri, K., Riyantini, S., Hasri, S., & Sohiron, S. (2022). Starategi Pengembangan Mutu dan Akreditasi Di Madrasah Dalam Menghadapi Revolusi 5.0. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 172-182.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/af.v19i2.10895

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office Board

Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. KH. Ahmad Dahlan, No. 94 Kode Pos : 28129.

 

Contact Person :

Khairunnas Jamal

khairunnasjamal@uin-suska.ac.id

0823 6130 7171

  

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats