Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di MTs Ahliyah 1 Palembang

Heri Setiawan, Tutut Handayani, Muslimahayati Muslimahayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan  true experimental, dengan desain postest-only control. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IXA yang berjumlah 26 siswa sebagai kelompok eksperimen yang diberikan model pembelajaran berbasis masalah, dan kelas IXB sebagai kelompo kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional sebanyak 26 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Instrumen penelitian terdiri dari 4 soal tes kemampuan pemecahan maslaah matematis dalam bentuk uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan tingkat kesalahan 5 %. Hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di MTs Ahliyah 1 Palembang. Model pembelajaran berbasis masalah dapat menjadi pilihan guru sebagai pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.


Keywords


Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, R. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa (Skripsi). UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Dinandar. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa di SMK Dharma Karya Jakarta (Skripsi). UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Gozali, D. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Tipe Creatif Problem Solving Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VA SDN 17 Kota Bengkulu (Skripsi). Universitas Bengkulu.

Heatubun, G. R., Wenas, R. J., & Regar, V. E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Teorema Pythagoras. JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi), 5(1), 28–31.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Refika Aditama.

Hermaini, J., & Nurdin, E. (2020). Bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dari perspektif minat belajar? JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(2), 141–148. https://doi.org/10.24014/juring.v3i1.9597

Mikrayanti. (2016). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Suska Journal Of Mathematics Education, 2(2), 97–102. https://doi.org/10.24014/sjme.v2i2.1547

Muhandaz, R., Lestari, M. M., & Kurniati, A. (2018). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa SMP. JURING (Journal For Research In Mathematics Learning), 1(3), 260–267. https://doi.org/10.24014/juring.v1i3.7047

Nurdin, E., Nayan, D. D., & Risnawati. (2020). Pengaruh Pembelajaran Model Creative Problem Solving ( CPS ) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Gantang, 5(1), 39–49. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.2151

Pratiwi, R. (2018). Pengaruh Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 7(3).

Rusman. (2014). Model–Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pers.

Sholihah, D. A., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika Mts Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 175–185. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7332

Simbolon, E. R., & Tapilouw, F. S. (2015). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Kontekstual terhadap Berpikir Kritis Siswa SMP. Edusains, 7(1), 97–104. https://doi.org/10.15408/es.v7i1.1533

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan:(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D). Alfabeta.

Susanto. (2015). Teori Belajar dan Pembelajran di Sekolah Dasar. Prenada Media.

Thenjiwe. (2017). Cognition, Metacognition, And Problem-Based Learning, In Enhancing Thinking Through Problem-Based Learning Approaches. Singapore: Thomson Learning.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana Preanada Media Grup.

Yuhani, A., Zanthy, L. S., & Hendriana, H. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 445–452. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p445-452

Zainuri. (2016). Model–Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pers.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v7i1.9231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

         DRJI Indexed Journal

Published by:


Suska Journal of Mathematics Education (ISSN Print: 2477-4758|ISSN Online: 2540-9670)


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter