PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KELOMPOK BUZZ TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA

Annisah Kurniati, Ramon Muhandaz, Fajar Alam Hamzah

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematika antara siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran kelompok buzz dengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional. Jenis Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimental Design. Desain yang digunakan adalah Pretest-Postest Control Group Design. Hasil penelitian menunjukan bahwa perbedaan rata-rata menggunakan uji t pada a=0,05 diperoleh thitung = 2,22 dan ttabel = 2,00 sehingga thitung< ttabel  tidak terpenuhi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematika antara siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran kelompok buzz dengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional.

Kata kunci: Pembelajaran Matematika, Metode Pembelajaran Kelompok Buzz, Komunikasi Matematika

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Elizabert E Bakley, dkk. (2012). Collaborative Learning Techniques. Bandung: Nusa Media.

Fajar Shadiq. (2009). Kemahiran Matematika. Makalah disampaikan pada Diklat Instruktur Pengembang Matematika SMA Jenjang Lanjut. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Hartono. (2010). Analisis Item Instrumen. Pekanbaru. Zanafa Publishing.

Hasibuan dan Moejiono. (2009). Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Riduwan. (2010). Belajar Mudah (Penelitian Untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula). Bandung: Alfabeta.

Risnawati. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika, Pekanbaru: Suska Press.

Roestiyah. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudjana. (2010). Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production.

Suharsimi Arikunto. (2011). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: PT Bumi Aksara.

Zainal Arifin. (2012). Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung. Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3525

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

         

Published by:


Suska Journal of Mathematics Education (ISSN Print: 2477-4758|ISSN Online: 2540-9670)

Department of Mathematics Education FTK UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: jme@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
 
Flag Counter