Bahan Ajar Matematika Terintegrasi Islam untuk Meningkatkan Religiusitas dan Hasil Belajar Siswa

Syahratulnisa Syamsuar, Sri Sulasteri, Suharti Suharti, Fitriani Nur

Abstract


Religiusitas merupakan aspek penting yang harus diperhatikan dalam proses belajar mengajar. Aspek ini telah dimuat dalam kurikulum 2013 begitupun dengan peningkatan hasil belajar. Proses belajar mengajar harus direncanakan dengan membuat bahan ajar yang dapat meningkatkan religiusitas dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa RPP dan modul matematika terintegrasi islam untuk meningkatkan religiusitas dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sungguminasa yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangan valid, praktis dan efektif. Guru dan siswa memberikan respon positif ketika menggunakan bahan ajar. Tes hasil belajar dan religiusitas siswa berada pada kategori tinggi. Ketuntasan belajar siswa lebih dari 60% atau berada pada kategori baik. Bahan ajar terintegrasi islam ini dapat digunakan untuk meningkatkan sikap religious dan hasil belajar siswa.

Keywords


Bahan Ajar; Integrasi Matematika dan Islam; Religiusitas

Full Text:

PDF

References


A Pribadi, B. (2014). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi. Prenada Media Group.

Ancok, D., Ardani, M. S., & Suroso, F. N. (2000). Psikologi Islam: Solusi Islam Atas Problem-Problem Psikologi (Cet. 3). Pustaka Pelajar.

Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095

Dolong, H. M. J. (2016). Sudut Pandang Perencanaan dalam Pengembangan Pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24252/ip.v5i1.3213

El-Qurtuby, U. (2017). Al-Quran Cordoba Terjemahan dan Tajwid Berwarna.

Fitriah, N., Muchyidin, A., & Sahrodi, J. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Matematika Berintegrasi Keislaman dalam Meningkatkan Karakter Demokrasi Siswa. Jurnal EduMa, 4(2). https://doi.org/https://badge.dimensions.ai/details/doi/10.24235/eduma.v4i2.34?domain=http://syekhnurjati.ac.id

Huda, M., & Mutia, M. (2017). Mengenal Matematika dalam Perspektif Islam. Jurnal STAIN Kudus, 2. https://doi.org/https://www.researchgate.net/deref/http%3A%2F%2Fdx.doi.org%2F10.29240%2Fjf.v2i2.310

Ihsan, M. (2019). Pengembangan bahan ajar matematika realistik berbasis Alquran pokok bahasan pecahan. Suska Journal of Mathematics Education, 5(1), 39–46. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i1.6824

Kurniati, A. (2015). Mengenal Matematika Terintegrasi Islam Kepada Anak Sejak Dini. Jurnal of Mathematics Education UIN Suska Riau, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v1i1.1326

Lasmiyati, & Harta, I. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. Pythagoras, 9(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.9077

Maarif, S. (2015). Integrasi Matematika dan Islam dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal STIKIP Siliwangi, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.22460/infinity.v4i2.p223-236

Nu’man, M. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Integrasi Interkoneksi untuk Memfasilitasi Penalaran dan Pemecahan Masalah. Jurnal Derivat, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31316/j.derivat.v4i2.157

Nufus, H., Nurdin, E., & Ariawan, R. (2021). Integrasi Nilai Keislaman dan Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Buku Ajar Program Linier ( Sebuah Studi Pengembangan ). Jurnal Gantang, 6(1), 47–60. https://doi.org/https://doi.org/10.31629/jg.v6i1.2556

Nurdin, E., Saputri, I. Y., & Kurniati, A. (2020). Development of Comic Mathematics Learning Media Based on Contextual Approaches. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 8(2), 85–97. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jipm.v8i2.5145

Putra, N. (2015). Research & Development Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar. Rajawali Pers.

Riduwan. (2008). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.

Septora, R. (2017). Pengembangan Modul dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik pada Kelas X Sekolah Menengah Atas. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/jlplppm.v2i1.494

Suhandri, & Sari, A. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Kontekstual Terintegrasi Nilai Keislaman untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 131–140. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v5i2.8255

Suraningsih, E., & Izzati, N. (2020). Pengembangan Lirik Lagu Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Bentuk Aljabar. Suska Journal of Mathematics Education, 6(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v6i1.9191

Vembriarto, S. (1985). Pengantar Pengajaran Modul. Yogyakarta: Yayasan Pendidikan Paramita.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v7i1.10827

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

          

Published by:


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim RiauJalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter