Pengembangan LKS Berbasis Model Pembelajaran REACT Terintegrasi Nilai Keislaman untuk Siswa MTs Kabupaten Kampar

Depi Fitraini, Lies Andriani

Abstract


Penelitian ini mengembangkan suatu bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis model pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Aplying, Cooperating, and Transferring)  yang diintegrasikan dengan nilai keislaman pada materi relasi dan fungsi. Adapun hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah karena belum tersedianya bahan ajar matematika yang menanamkan nilai-nilai keislaman yang dapat membentuk karakter manusia agamis yang mampu menyeimbangkan antara nilai akidah, nilai syari’ah dan nilai akhlak. Pengembangan LKS berbasis model pembelajaran REACT terintegrasi nilai keislaman ini bertujuan untuk memperoleh LKS yang valid dan praktis. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research and development/R&D) dengan model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Muhajirin Tapung dan MTs Assalam Naga Beralih Kabupaten Kampar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik non tes dengan instrumen berupa angket validasi dan praktikalitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif untuk mengolah data hasil review pakar dan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang mendeskripsikan hasil uji angket validasi dan praktikalitas. Hasil penelitian menujukan bahwa LKS berbasis model pembelajaran REACT terintegrasi nilai keislaman valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran matematika.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2019). Urgensi Penanaman Akhlak di Tengah Maraknya Kasus Kenakalan Remaja. Research And Development Journal Of Education, 5(2). https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/RDJE/article/view/3855/2520

Ekawati, T., Anggoro, B. S., & Komarudin, K. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika pada Materi Statistika Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 184–192. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1826

Halim, S. N. H., Darwis, M., & Dassa, A. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual dengan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering (REACT) pada Siswa Sekolah Dasar. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 196–210. https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i2a8.2018

Hastuti, E. W., & Murtiyasa, B. (2016). Pengaruh Strategi REACT dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. 11.

Kaselin, Sukestiyarno, & Waluya, B. (2013). View of Kemampuan Komunikasi Matematis pada Pembelajaran Matematika dengan Strategi REACT Berbasis Etnomatematika. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/2700/2488

Kholil, M., & Usriyah, L. (2019). Pengembangan Buku Ajar Matematika Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman dalam Penanaman Karakter Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 12(1), 52–62. https://doi.org/10.18860/mad.v12i1.7442

Maiviyani, M., Laurens, T., & Matitaputty, C. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Persegi dan Persegi Panjang Menggunakan Strategi REACT. Jupitek: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 47–53. https://doi.org/10.30598/jupitekvol1iss1pp47-53

Mulyasana, D. (2012). Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. PT Remaja Rosda Karya.

Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Alfabeta.

Nihayati, N. (2017). Integrasi Nilai-Nilai Islam dengan Materi Himpunan (Kajian terhadap Ayat-Ayat Al-Qur’an). Jurnal E-DuMath, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.26638/je.285.2064

Noviarni. (2014). Perencanaan Pembelajaran Matematika dan Aplikasinya. Benteng Media.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32. (n.d.).

Prastowo, A. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.

Risnawati. (2013). Keterampilan Belajar Matematika. Azwaja Pressindo.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatid dan R&D. Alfabeta.

Wulantina, E. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika yang Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman pada Materi Garis dan Sudut. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 367–373.

Yasri. (2013). Strategi Pembelajaran Matematika Bernuansa Islami. (Tersedia: http://bdkpadang.kemenag.go.id).




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v6i2.10654

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

          

Published by:


Suska Journal of Mathematics Education (ISSN Print: 2477-4758|ISSN Online: 2540-9670)


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter