PENGARUH PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN TERHADAP ASPEK PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK

Laila Nurjannah, Zalyana Zalyana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap aspek perkembangan sosial emosional anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak (TK) Pondok Pesantren Babussalam Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan one-group pretest-posttest design untuk mengetahui perbandingan sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik usia 5-6 tahun kelompok B, dan objek penelitian  adalah pengaruh metode bermain peran terhadap aspek perkembangan sosial emosional. Populasi penelitian ini adalah anak didik di TK Pondok Pesantren Babussalam Pekanbaru berjumlah 60 anak, dengan sampel berjumlah 20 anak yang terdiri dari kelas B1 yaitu kelas kontrol sebanyak 10 anak, dan B2 yaitu kelas eksperimen sebanyak 10 anak. Sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, yaitu dengan penentuan sampel melalui pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi.Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji t-test dengan menggunakan program SPSS Windows ver. 15. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung =56,236 dengan Sig = 0,000. Karena nilai sig < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan setelah pemberian perlakuan dalam metode bermain peran. Jadi Ho ditolak Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh sebelum dan sesudah diberi perlakuan terhadap perkembangan sosial emosional anak. Pengaruh metode bermain peran terhadap aspek perkembangan sosial emosional anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak (TK) Pondok Pesantren Babussalam Pekanbaru sebesar 92,17%.


Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an dan Terjemah. Syaamil Qur’an. Bandung: Departemen Agama RI

Coughlin,Pamela.A.(2000).Menciptakan Kelas Yang Berpusat Pada Anak.Children’s Resources International: INC

Dimyati, Johni. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan & Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Fitri, Ahyani Radhiani,dkk.(2013).Emosi Aplikasi Psikologi Dalam Kehidupan Pribadi Muslim. Pekanbaru:Suska Press

Jaedun, Amat. (2011). Metodologi Penelitian Eksperimen. Jogjakarta: Puslit Dikdasmen. Lemlit UNY

Latan, Hengky. (2014). Aplikasi Analisis Data Statistik Untuk Ilmu Sosial Sains dengan IBM SPPS. Bandung: Alfabet

Latif, Mukhtar,dkk.(2013).Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Implikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Martani, Wisjnu.(2012). Metode Stimulasi dan Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Jogjakarta: Universitas Gadjah Mada. Jurnal

Mayar,Farida.(2013).Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Sebagai Bibit Untuk Masa Depan Bangsa.Padang:UNP

Moeslichatoen R.(2004).Metode Bermain Anak TK.Jakarta: PT Rineka Cipta

Muliawan,Jasa Ungguh.(2009).Tips jitu Memilih Mainan positif & Kreatif Untuk Anak Anda.Jogjakarta: Diva Press

Mulyasa.(2012).Manajemen PAUD.Bandung:Remaja Rosdakarya

Mutiah,Diana.(2010).Psikologi Bermain Anak Usia Dini.Jakarta:Kencana Prenada Media Group

Noor, Juliansyah. (2012). Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Nugraha,Ali.Yeni Rachmawati.(2006). Metode Pengembangan Sosial Emosional. Jakarta: Universitas Terbuka

Nurmalitasari, Femmi. (2015). Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia Prasekolah. Jurnal

Nursyahidah,Farida.Penelitian Eksperimen, dalam Jurnal

Santrock,John W.(2007).Perkembangan Anak.Erlangga

Soetjiningsih,Christiana Hari.(2012).Perkembangan Anak.Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet

Suharto. (2013). Pendekatan dan Teknik Belajar dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito

Suyadi & Ulfah,Maulidya.(2013).Konsep Dasar PAUD.Bandung:PT Remaja Rosdakarya

Tirtayani,Luh Ayu,dkk.(2014).Perkembangan Sosial Emosional Pada Anak Usia Dini.Jogjakarta:Graha Ilmu

Umama. (2007). Checklist Indikator Anak 0-6 Tahun: Pusat Kurikulum Diknas

Widiatmoko,Hani.(2014).Ketika Anakku Siap Menikah. Jakarta:PT Elex Media Komputindo

Wiyani, Novan Ardy.(2014).Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Gava Media




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v1i2.6670

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.