Kebijakan Editorial

Halaman ini tentang proses penilaian artikel yang telah disubmit ke jurnal JSMS, terkait kesesuaian dengan template, penulisan dan isi, kebijakan akses jurnal yaitu,

Kebijakan Bagian :

Artikel

Merupakan artikel yang berasal dari hasil penelitian sains, matematika dan statistika yang telah di Peer-review, terindeks dan akses terbuka untuk umum.

Proses Peer Review :

Jurnal Sains Matematika dan Statistika menerapkan proses peer review, dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Semua artikel yang dikirimkan ke Jurnal Sains Matematika dan Statistika akan direview secara tertutup (blind review) oleh para mitra bebestari, pada umumnya, setiap artikel akan direview oleh satu sampai dua orang reviewer.
  2. Tanggapan dari para mitra bestari ini akan dijadikan landasan bagi tim editor untuk menentukan apakah suatu artikel dapat diterima (accepted), diterima apabila direvisi (accepted with major/minor revision), atau ditolak (rejected).
  3. Setiap artikel akan di review tentang kebaharuan penelitian, metode, pengaruh kepada pengembangan ilmu pengetahuan, kesimpulan dan daftar pustaka
  4. Suatu artikel ditolak untuk dimuat disebabkan oleh berbagai pertimbangan, diantara artikel tidak sesuai dengan ruang lingkup sains matematika dan statistika, sisi ilmiah tulisan tersebut kurang memadai untuk digolongkan dalam suatu tulisan ilmiah, kesalahan metodologi yang mendasar, atau dikarenakan penulis menolak untuk melakukan saran perbaikan yang diberikan oleh reviewer tanpa dasar yang logis.
  5. Semua artikel yang dikirim akan diperiksa unsur plagiasinya menggunakan perangkat lunak (software) anti plagiarisme (PaperRater dan smallseotools).

Frekuensi Penerbitan :

Jurnal Sains Matematika dan Statistika terbit 2 (dua) kali dalam satu tahun (Januari dan Juli).

Kebijakan Akses Terbuka :

Jurnal Sains Matematika dan Statistika menyediakan akses terbuka dan nonkomersial untuk setiap konten yang tersedia pada jurnal ini untuk setiap pihak yang memerlukan dengan tujuan mendukung kemajuan ilmu pengetahuan.

Pengarsipan Jurnal :

Jurnal Sains Matematika dan Statistika menyimpan dan memakai sarana penyimpanan arsip pada  PTIPD UIN SUSKA Riau, Google Scholar dan Portal Garuda untuk membuat sistem pengarsipan terdistribusi antara perpustakaan yang ikut berpartisipasi dan mengizinkan pula hak permanen pada perpustakaan tersebut, arsip jurnal ini bertujuan untuk pelestarian dan pemulihan data arsip.

Biaya :

Setiap artikel yang dikirim ke Jurnal Sains Matematika dan Statistika tidak dibenakan biaya apapun (gratis) baik untuk proses pengiriman artikel, proses peer-review, editing dan publikasi.