Evaluasi Kinerja Daun Meniran dan Daun Seledri Pada Darah, Hati dan Ginjal dengan Menggunakan Metode Response Surface

Joko Purwadi, sugiyarto sugiyarto, Rosiana Aprilia

Abstract


Penelitian ini membahas megenai evaluasi kinerja daun Meniran  dan daun Seledri  pada  organ darah, hati dan ginjal. Sampel pada daun Meniran dan daun Seledri masing–masing diambil sebesar 100 mg/BB dan 50 mg/BB. Metode yang digunakan pada penelitian adalah metode response surface. Penelitian ini dilakukan dua tahap, yaitu eksperimen orde I merupakan tahap penyaringan faktor (screening) dan ekperimen orde II yang merupakan tahap optimalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model yang sesuai dan menghasilkan model yang optimal yaitu pada organ darah pada komponen trombosit  dan pada komponen Neutrofil . Kondisi optimal pada komponen trombosit  memberikan respon sebesar   dengan kombinasi Meniran sebesar 67 mg/BB dan Seledri sebesar 63 mg/BB, sedangkan kondisi optimal pada komponen Neutrofil  sebesar 34 mcl kombinasi Meniran sebesar 57 mg/BB dan Seledri sebesar 51 mg/BB.


Full Text:

PDF

References


Fitriadan T, Saputra O, “Khasiat Daun Seledri Terhadap Tekanan Darah Tinggi Pada Pasien Hiperkolestrolemia Majority, Vol 5, No 2, pg 120.

Nugraheni SS, “Ekstrak Akar, Batang, Dan Daun Herba Meniran Dalam Menurunkan Kadar Glukosa Darah,”Kemas, Vol 8 No 1 (2012), pg 51-59, 2012.

Putra AR, Guritno A, “pencahayaan, kebisingan dan temperatur dengan Metode Respon Permukaan,” Jurnal Sistem dan Manajemen Industri Vol 1 No 1 Juli 2017, 1-11.

Ahmed D, Kasorang S, Khadir BA, Yousif BE, “Application of Response surface Methodology to Predict Oil-Film Friction in Journal Bearing,” Applied Mechanics and Materials 393.

Pakem GK, Ginting KB, Kleden MA, “ Penerapan Metode Respon Permukaan Dalam Optimalisasi Laba Usaha Pertanian Tanaman Kangkung Darat”, Jurnal Diferensial, Volume 01, Nomor 01, November, 2019.

Nurmiah S dkk, “Aplikasi Response surface Methodology Pada Optimalisasi Kondisi Proses Pengolahan Alkali Treated Cottonii (ATC)”, JPB Kelautan dan Perikanan Vol. 8 No. 1 Tahun 2013: 9–22.

Gaspersz, V.” Teknik Analisis dalam Penelitian Percobaan,”. Bandung. Tarsito Bandung.

Ratnawati ES, dkk, “Aplikasi Response surface Methodology (RSM) pada Optimasi Ekstraksi Kalsium Tulang Lele”, Jurnal Perikanan Universitas Gadjah Mada 20 (1) 2018: 41-48.

Rangkuti EM, “Aplikasi Response surface Methodology (RSM) Untuk Mempersingkat Waktu Pengeringan Sheet di Pabrik Pengolahan Sheet PTPN III Kebun Sarang Giting”, Jurnal Sistem Teknik Industri, Vol 18. No. 2, Juli 2016

Montgomery, “Design and Analysis of Experiment,” Chapter 11, pg 427, 2001




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jsms.v7i1.12433

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal JSMS
p-ISSN     : 2460-4542 (print)
e-ISSN     : 2615-8663 (online)
Alamat   : Program Studi Matematika
                   Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Suska Riau
                   Jl. H.R Soebrantas, No. 155, Tampan, Pekanbaru.
Website : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/JSMS
e-mail    :
jsmsfst@uin-suska.ac.id


 Paper-paper Jurnal JSMS Terindex di :