Implementasi Regresi Logistik Ordinal Pada Sistem Pembelajaran Daring Di Era COVID-19 Terhadap Kesehatan Mental Guru SD di Kota Pekanbaru

KARINA KARIN, Riswan Efendi, Lisya Chairani, Indah Manda Sari

Abstract


Pandemi COVID-19 memicu perubahan sistem pembelajaran luring menjadi daring. Perubahan secara mendadak ini tentu memberi dampak positif dan negatif pada siswa, mahasiswa, orang tua, guru dan dosen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memodelkan faktor sistem pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19 terhadap kesehatan mental guru SD menggunakan regresi logistik ordinal. Data yang digunakan merupakan data primer dari 50 guru SD di Kota Pekanbaru. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menggunakan teknologi dan pembelajaran daring berhubungan terhadap kesehatan mental guru SD. Variabel kemampuan menggunakan teknologi dan efektifitas pembelajaran daring berhubungan terhadap kesehatan mental guru dengan nilai odds ratio sebesar 6,3661 dan 0,0228 kali. Sehingga guru SD yang mempunyai kemampuan tinggi dalam menggunakan teknologi memiliki resiko mengalami gejala PTSD sebesar 6,3661 kali. Sedangkan guru SD yang berasumsi bahwa pembelajaran daring cukup efektif memiliki resiko mengalami gejala PTSD sebesar 0,0228 kali.  Penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumber informasi dalam pengambilan keputusan terkait pembelajaran daring dan kesehatan mental guru SD.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jsms.v7i1.11786

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal JSMS

p-ISSN: 2460-4542 (print)

e-ISSN: 2615-8663 (online)

Alamat : Program Studi Matematika

                  Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Suska Riau

                  Jl. H.R Soebrantas, No. 155, Tampan, Pekanbaru.

Website : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/JSMS

e-mail    : jsmsfst@uin-suska.ac.id


 Paper-paper Jurnal JSMS Terindex di :

   

Lihat Statistik pengunjung Jurnal :