Pengembangan Media Pembelajaran Sains Berbasis Prezi untuk Siswa Sekolah Dasar pada Materi Penggolongan Hewan

Muharni Muharni, Mahmud Alpusari, Zetra Hainul Putra

Abstract


This study aims to design and develop Prezi based learning media on animal classification topic. The method used is research and development based on ADDIE model, including analysis, design, develop, implementation, and evaluation. Data were collected through questionnaires. After analyzing curriculum and design Prezi based learning media on animal classification, the research continued into the developmental process. In this step, the media were validated by three experts, namely language, media, and content experts. The results showed Prezi based learning media on animal classification has high validation criteria to be used in learning science in elementary school. Then, Prezi based learning media was tested with 21 third grade students from a private school in Pekanbaru. The results shows that Prezi based learning media have effective in supporting students to learn animal classification, and the students were very motivating and enjoy learning. The implication of this study is that there is high potential for using Prezi based learning media in learning science.

 

Keywords: animal classification, development research,  Prezi-based learning.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan media pembelajaran berbasis Prezi pada topik klasifikasi hewan. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan berdasarkan model ADDIE, meliputi analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui kuesioner. Setelah menganalisis kurikulum dan merancang media pembelajaran berbasis Prezi pada klasifikasi hewan, penelitian dilanjutkan ke proses pengembangan. Pada tahap ini media divalidasi oleh tiga orang ahli yaitu ahli bahasa, ahli media, dan ahli isi. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran berbasis Prezi klasifikasi hewan memiliki kriteria validasi tinggi untuk digunakan dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar. Kemudian media pembelajaran berbasis Prezi diujicobakan kepada 21 siswa kelas III sekolah swasta di Pekanbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Prezi efektif dalam mendukung siswa dalam belajar klasifikasi hewan, dan siswa sangat memotivasi serta menikmati pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini adalah tingginya potensi penggunaan media pembelajaran berbasis Prezi dalam pembelajaran IPA.

Kata kunci: penelitian pengembangan, pembelajaran berbasis Prezi.


Full Text:

PDF

References


Anantyarta, P., & Sholihah, F. N. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Materi Bioteknologi menggunakan Program Autoplay. Journal of Natural Science and Integration, 3(1), 45–57.

Azhar, A. (2011). Media pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta: T Raja Grafindo Persada.

Burhanudin, R., & Suyoso, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Presentasi Berbasis Software Prezi Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Kelas X. E-Journal Pendidikan Fisika, 7(1), 38–49.

Chou, P. N., Chang, C. C., & Lu, P. F. (2015). Prezi versus PowerPoint: The Effects of Varied Digital Presentation Tools on Students’ Learning Performance. Computers and Education, 91, 73–82. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2015.10.020

Dzulhijjah, P. D., Noer, A. M. N., & Linda, R. L. (2015). Penerapan Prezi Dekstop sebagai Media Presentasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Hidrokarbon di Kelas X SMA Negeri 9 Pekanbaru. Riau University.

Gaming, Z. (2017). Gajah lagi makan di kebun binatang. Retrieved from https://www.youtube.com/watch?v=nrLiDDq--XI

Jariati, E., & Yenti, E. (2020). Pengembangan E-Magazine Berbasis Multipel Representasi untuk Pembelajaran Kimia di SMA pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 138–150.

Lam, A. (2014). Evaluating the Effectiveness of Prezi in Higher Education. Journal of Medical Imaging and Radiation Sciences, 45(2), 174.

Liani, L., Rini, R., & Rery, R. U. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Powtoon pada Pokok Bahasan Hidrokarbon di Kelas XI SMA/Sederajat. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Riau University.

Mahyuddin, R. S., Wati, M., & Misbah, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Zoomable Presentation Berbantuan Software Prezi pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(2), 229–240.

Perron, B., & Stearns, A. (2010). A Review of A Presentation Technology: Prezi.

Piaget, J. (1976). Piaget’s theory. In B. Inhelder, H. H. Chipman, & C. Zwingmann (Eds.), Piaget and His School (pp. 11–23). Springer Study Edition. Springer Berlin Heidelberg.

Putra, Z. H., Witri, G., & Yulita, T. (2019). Development of Powerpoint-Based Learning Media in Integrated Thematic Instruction of Elementary School. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(10), 697–702.

Rodhi, M. Y., & Wasis, W. (2014). Pengembangan Media Pembelajara Berbasis Prezi untuk Anantyarta, P., & Sholihah, F. N. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Materi Bioteknologi menggunakan Program Autoplay. Journal of Natural Science and Integration, 3(1), 45–57.

Azhar, A. (2011). Media pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta: T Raja Grafindo Persada.

Burhanudin, R., & Suyoso, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Presentasi Berbasis Software Prezi Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Kelas X. E-Journal Pendidikan Fisika, 7(1), 38–49.

Chou, P. N., Chang, C. C., & Lu, P. F. (2015). Prezi versus PowerPoint: The Effects of Varied Digital Presentation Tools on Students’ Learning Performance. Computers and Education, 91, 73–82. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2015.10.020

Dzulhijjah, P. D., Noer, A. M. N., & Linda, R. L. (2015). Penerapan Prezi Dekstop sebagai Media Presentasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Hidrokarbon di Kelas X SMA Negeri 9 Pekanbaru. Riau University.

Gaming, Z. (2017). Gajah lagi makan di kebun binatang. Retrieved from https://www.youtube.com/watch?v=nrLiDDq--XI

Jariati, E., & Yenti, E. (2020). Pengembangan E-Magazine Berbasis Multipel Representasi untuk Pembelajaran Kimia di SMA pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 138–150.

Lam, A. (2014). Evaluating the Effectiveness of Prezi in Higher Education. Journal of Medical Imaging and Radiation Sciences, 45(2), 174.

Liani, L., Rini, R., & Rery, R. U. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Powtoon pada Pokok Bahasan Hidrokarbon di Kelas XI SMA/Sederajat. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Riau University.

Mahyuddin, R. S., Wati, M., & Misbah, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Zoomable Presentation Berbantuan Software Prezi pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(2), 229–240.

Perron, B., & Stearns, A. (2010). A Review of A Presentation Technology: Prezi.

Piaget, J. (1976). Piaget’s theory. In B. Inhelder, H. H. Chipman, & C. Zwingmann (Eds.), Piaget and His School (pp. 11–23). Springer Study Edition. Springer Berlin Heidelberg.

Putra, Z. H., Witri, G., & Yulita, T. (2019). Development of Powerpoint-Based Learning Media in Integrated Thematic Instruction of Elementary School. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(10), 697–702.

Rodhi, M. Y., & Wasis, W. (2014). Pengembangan Media Pembelajara Berbasis Prezi untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Kalor. Inovasi Pendidikan Fisika, 3(2), 137–142.

Sanjaya, W. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Settle, Q., Abrams, K. M., & Baker, L. M. (2011). Using Prezi in the Classroom. NACTA Journal, 55(4), 105.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Surani, S., & Ampera, D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Prezi pada Mata Pelajaran Membuat Pola di SMK Awal Karya Pembangunan Galang. SILUET (Jurnal Pendidikan Tata Busana), 1(1).

Untari, Y. P., Kurniawan, E. S., & Fatmaryanti, S. D. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Online Prezi dalam Pokok Bahasan Alat Optik pada Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 3 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 5(2), 45–49.

Wahyuni, N., & Ananda, L. J. (2021). Development of Thematic Teaching Materials Based on Discovery Learning in Elementary School. Journal of Teaching and Learning in Elementary Education, 4(1), 122–130.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v4i1.9968

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Journal of Natural Science and Integration

P-ISSN 2620-4967 | E-ISSN 2620-5092

Published by:

Program Studi Tadris IPA Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Alamat Redaksi:

Jl. H.R. Soebrantas KM 15,5, Tuah Madani, Tampan,

Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293

email: jnsi.tadrisipa@uin-suska.ac.id

CP: 081371832911-085365094688

Indexed by:

 


   Flag Counter 

Visitors Statistics

Creative Commons License
Journal of Natural Science and Integration is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.