Efektivitas Pendekatan Multirepresentasi dalam Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA pada Materi Gaya dan Gerak
Abstract
This study aims to obtain a comparative picture of increasing conceptual understanding between students who experience problem-based learning with a multi-representation approach and students who experience problem-based learning without a multi-representation approach. The aspects of understanding studied refer to Bloom's taxonomy, namely translation, interpretation, and extrapolation. This study used a quasi-experimental method with pre test and post test design non equivalent group design. The sample in this study were students from two class X in one high school in the city of Bandung. The experimental class consisted of 28 students and the control class consisted of 25 students. The results showed that the students' understanding of the concept increased with an average n-gain in the experimental class and control class respectively, namely 0.406 with the medium category and 0.289 with the low category.
Keywords: multi representation approach, problem based learning, conceptual understanding
ABSTRAK.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapat gambaran perbandingan peningkatan pemahaman konsep antara siswa yang mengalami pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan multirepresentasi dan siswa yang mengalami pembelajaran berbasis masalah tanpa pendekatan multirepresentasi. Adapun aspek pemahaman yang diteliti merujuk pada taksonomi Bloom, yakni translasi, interpretasi, dan ekstrapolasi. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain pre test and post test non equivalent group design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa dari dua kelas X di salah satu SMA di kota Bandung. Kelas eksperimen terdiri dari 28 siswa dan kelas kontrol terdiri dari 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa meningkat dengan rata-rata n-gain pada kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing yaitu sebesar 0,406 dengan kategori sedang dan 0,289 dengan kategori rendah.
Kata kunci: pendekatan multirepresentasi, pembelajaran berbasis masalah pemahaman konsep
Full Text:
PDFReferences
Agustin, D. . (2014). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) disertai LKS Berbasis Multirepresentasi pada Pembelajaran IPA-Fisika di SMP (Skripsi). Universitas Jember.
Ainsworth, S. (1999). The functions of multiple representations. Computers & education, 33(2-3), 131-152.
Angell, C., O. Guttersrud, & E., & Henriksen. (2007). Multiple representations as a framework for a modelling approach to physics education. University of Oslo, School of Education.
Arifiyanti, F. (2013). Penggunaan Model Problem Based Learning dengan Multirepresentasi pada Usaha dan Energi di SMA (Skripsi). Universitas Tanjungpura.
Dahar, R. W. (2011). Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Bandung: Erlangga.
Hake, R. R. (1998). Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six-Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74.
Hidayah, N., Arifuddin, M., & Mahardika, A. (2017). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Pembelajaran Fisika Menggunakan Metode Percobaan. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(2), 198–212.
Izsák, A., & Sherin, M. G. (2003). Exploring The Use of New Representations as a Resource for Teacher Learning. School Science and Mathematics, 103(1), 18-27.
Jufri, A., W. (2013). Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta.
Kohl, B. P., Rosengrant, D., & Finkelstein, N. D. (2007). Strongly and Weakly Directed Approaches to Teaching Multiple Representation Use in Physics. Physics Education Research, 3(1), 1–10.
Mardatila, A., Novia, H., & Sinaga, P. (2019). Penerapan Pembelajaran Fisika Menggunakan Multi Representasi untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Pemecahan Masalah Siswa SMA pada Pokok Bahasan Gerak Parabola. Omega: Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika, 5(2), 33–39.
Meltzer, D. E. (2005). Relation Between Students’ Problem-Solving Performance and Representational Format. American Journal of Physics., 73(5), 463–478.
Mubarok, O. S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa SMA pada Materi Pengukuran (Skripsi). Universitas Pendidikan Indonesia.
Permendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 21 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.
Sari, A. P., Feranie, S., & Karim, S. (2015). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Multireprentasi terhadap Peningkatan Prestasi Belajar dan Konsistensi Ilmiah pada Materi Elastisitas. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(2), 45–50.
Sholihah, A., Sinaga, P., & A. (2018). Multi Representasi Momentum dan Impuls untuk Meningkatkan Kognitif dan Kemampuan Pemecahan Masalah iswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Quantum, 338–344.
Simamora, M, R., Sinaga, P., & Jauhari, A. (2016). Pembelajaran Fisika Menggunakan Multi Representasi untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP pada Pokok Bahasan Getaran dan Gelombang. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains (SNIPS).
Sinaga, P., Suhandi, A., & L. (2013). Meningkatkan Kemampuan Multi Representasi dan Translasi antar Modus Representasi Konsep Listrik Magnet pada Program Pre Service Guru Fisika. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains (SNIPS).
Suhandi, A., & Wibowo, F., C. (2012). Pendekatan Multirepresentasi dalam Pembelajaran Usaha-Energi dan Dampak terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8(1), 1–7.
Suryani, I., & Mulyani, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Heuristic Vee Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Fluida Statis. Journal of Natural Science and Integration., 2(2), 173–180.
Trianto. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Kencana.
Van Heuvelen, A., & Xueli, Z. (2001). Multiple Representation of Work-Energy Processes. American Journal of Physics, 69(2), 184–194.
Widia, Y. (2017). Pembelajaran Fisika Menggunakan Multiple External Representations (MERS) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Konsistensi Ilmiah Siswa SMA Pada Pokok Bahasan Gerak Lurus (Skripsi). Universitas Pendidikan Indonesia.
Widianingtiyas, L, D. (2015). Pengaruh Pendekatan Multi Representasi dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa SMA. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(1), 31-38
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.9400
Refbacks
- There are currently no refbacks.