Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Peta Konsep terhadap Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 2 Siak Hulu pada Materi Genetika
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S., 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Asma, N., 2006, Model Pembelajaran Kooperatif, Jakarta: DEPDIKNAS
Chasanah, U. U., Sinon, I. L., & Widyaningsih, S. W. (2016). Penerapan model kooperatif tipe STAD (Student Team Achivement Divisions) dengan media peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas IX A SMP Negeri 19 Manokwari. Pancaran Pendidikan, 5(2), 25-38.
Diantari, N. M., Arini, N. W., & Suarni, N. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division (Stad) Berbantuan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Ips Sekolah Dasar Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1-10.
Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, O. 2010. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
¬--------------. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Iskandar. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Gaung Persada Press
Lie, A., 2011., Cooperatife Learning, Jakarta: Grasindo.
Nurhadi, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XII IPA 3 SMA Negeri 3 Bengkalis. Journal of Natural Science and Integration, 2(1), 76-84.
Slavin, R. E., 2005, Cooperative Learning Teori, Research and Practice, Terjemahan Narulita Yusron, Nusa Media, Bandung.
Sunarti, S. (2019). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui Metode Kelompok Sindikat (Syndicate Group) di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 009 Teratak. Journal of Natural Science and Integration, 1(2), 167-184.
Suprijono, A., 2011, Cooperatife Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar, Surabaya
Sudjana, N. 2000. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Rosen, Y., Tager, M. 2014. Making Student Thinking Visible Through A Concept Map Critical Thinking. Journal Educational Computing Research. 50 (2), 249-270.
Trianto., 2010. Mendesain Pembelajaran Inovatif–Progresif, Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.8091
Refbacks
- There are currently no refbacks.