Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Peta Konsep terhadap Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 2 Siak Hulu pada Materi Genetika

Siti Nur Hidayah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan proses peningkatan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa pada materi substansi genetika di kelas XII IPA2 SMA Negeri 2  siak hulu Kabupaten Kampar dengan pembelajaran model kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan peta konsep. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) pada materi substansi genetika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 2 SMA Negeri 2  siak hulu Kabupaten Kampar. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, yang setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas siswa, lembar tes hasil belajar. Data dianalisis dengan statistik deskriptif untuk melihat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pembelajaran model kooperatif tipe STAD berbantuan peta konsep dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa pada materi genetika di kelas XII IPA 2 SMA Negeri 2 Siak Hulu Kabupaten Kampar.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Asma, N., 2006, Model Pembelajaran Kooperatif, Jakarta: DEPDIKNAS

Chasanah, U. U., Sinon, I. L., & Widyaningsih, S. W. (2016). Penerapan model kooperatif tipe STAD (Student Team Achivement Divisions) dengan media peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas IX A SMP Negeri 19 Manokwari. Pancaran Pendidikan, 5(2), 25-38.

Diantari, N. M., Arini, N. W., & Suarni, N. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division (Stad) Berbantuan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Ips Sekolah Dasar Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1-10.

Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. 2010. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

¬--------------. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Iskandar. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Gaung Persada Press

Lie, A., 2011., Cooperatife Learning, Jakarta: Grasindo.

Nurhadi, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XII IPA 3 SMA Negeri 3 Bengkalis. Journal of Natural Science and Integration, 2(1), 76-84.

Slavin, R. E., 2005, Cooperative Learning Teori, Research and Practice, Terjemahan Narulita Yusron, Nusa Media, Bandung.

Sunarti, S. (2019). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui Metode Kelompok Sindikat (Syndicate Group) di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 009 Teratak. Journal of Natural Science and Integration, 1(2), 167-184.

Suprijono, A., 2011, Cooperatife Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar, Surabaya

Sudjana, N. 2000. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Rosen, Y., Tager, M. 2014. Making Student Thinking Visible Through A Concept Map Critical Thinking. Journal Educational Computing Research. 50 (2), 249-270.

Trianto., 2010. Mendesain Pembelajaran Inovatif–Progresif, Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.8091

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Natural Science and Integration

E-ISSN: 2620-5092  | P-ISSN: 2620-4967

Published By:

Department of Natural Sciences Educations, Faculty of Education and Teacher Training, State Islamic University of Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia

email: jnsi.tadrisipa@uin-suska.ac.id

Indexed By:

                      

 

 Creative Commons License

Journal of Natural Science and Integration is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.