Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Physics Laboratory (ViPhyLab) dalam Praktikum Hukum Kirchhoff
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Virtual Physics Lab (ViPhyLab) dalam Praktikum Hukum Kirchhoff. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) menurut Sugiyono, dengan subjek penelitian ini adalah 3 validator untuk mengetahui kelayakan media ViPhylab dan 16 siswa kelas XI MIPA SMA Al-Fath Cilegon yang digunakan untuk mengetahui tanggapan siswa terhadapa media ViPhyLab. Hasil penelitian menyatakan kelayakan media ViPhyLab hasil pengembangan yaitu sebesar 87,45% dengan kategori sangat layak dan tanggapan siswa terhadap media ViPhyLab menyatakan sebanyak 90,4% siswa menanggapi media ViPhyLab dengan kategori sangat baik.
Full Text:
PDFReferences
Arista, F. C. (2018). Virtual Physics Laboratory Application Based on the Android to Improve Learning Independence and Conceptual Understanding. International Journal of Instruction, 11(1), 1-16.
Darman, D.R., Wibowo, F.C., Putra, A., Hasra, A. (2017). Pengembangan Buku Kerja Fisika Berbasis Kontekstual Pada Konsep Suhu Dan Kalor. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika 3 (2)
Çelik, H., Sari U., Nugroho U. (2015). Evaluating and Developing Physics Teaching Material with Algodoo in Virtual Environment: Archimedes’ Principle. International Journal of Innovation in Science and Mathematics Education, 23(4), 40-50.
Gunawan, A. (2018). Improving students’ creativity using cooperative learning with virtual media on static fluida concept. International Conference on Science Education (ICoSEd), 1-6.
Gunawan & Liliasari. (2012). Model Virtual Laboratory Fisika Modern untuk Meningkatkan Disposisi Kritis Calon Guru. Cakrawala Pendidikan (No. 2. Tahun XXXI, Juni 2012).
Jaya, H. (2011). Pengembangan Laboratorium Virtual untuk Kegiatan Praktikum dan Memfasilitasi Pendidikan Karakter di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1): 81-90.
Permana, N. D. (2018). Penerapan Model Pebelajaran Learning Cycle 7E Berbantuan Website Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Kinematika Gerak Lurus. Journal of Natural Science and Integration, 1(1), 11-41
Putri, A. S. (2013). Pengembangan Virtual Laboratory pada Materi Kinematika dengan Analisis Vektor dalam Pembelajaran Fisika di Kelas XII SMA. Pillar Of Physics Education, 1(1): 23-29.
Rahayu, N. K., Suherman, A., & Wibowo, F. C. (2019). Pengembangan Virtual Physics Laboratory Berbasis Website Pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis. GRAVITY Vol.1 No.1, 64-72.
Swandi, A., Nurul S., Irsan. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Laboratorium Virtual untuk Mengatasi Miskonsepsi Pada Materi Fisika Inti di SMAN 1 Binamu, Jeneponto. Jurnal Fisika Indonesia, Vol XVIII (52), 20-24.
Wibowo, F.C., Suhandi, A., Rusdiana, D., Darman, D.R., Ruhiat, Y., Denny, Y.R. (2016). Microscopic virtual media (MVM) in physics learning: Case study on students understanding of heat transfer. Journal of Physics: Conference Series 739 (1), 012044
Wibowo, F.C, Suhandi, A., Samsudin, A., Darman, D.R.,Suherli, Z., Hasani, A. (2017)Virtual Microscopic Simulation (VMS) to promote students' conceptual change: A case study of heat transfer. Asia-Pacific Forum on Science Learning & Teaching 18 (2)
Wibowo, F.C., Nurhaji, S., Setiawan, A., Sugiyarto, W. A., Noor, M., Darman, D.R., Faizin, Samsudin, A., Suhandi, A., Coştu, B. (2018). The Influences Virtual Physics Laboratory (VPL) For Assessment the Millennial Character Education through System Recording Students Character (SRSC). Journal of Education and Learning (EduLearn) 12 (4), 709-716
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.7906
Refbacks
- There are currently no refbacks.