Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Mendukung Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Materi Sistem Koloid
Abstract
Literasi ilmiah adalah hal penting yang harus dikuasai oleh siswa untuk memahami lingkungan hidup, kesehatan, ekonomi, dan masalah lain yang dihadapi oleh masyarakat modern yang sangat bergantung pada teknologi, kemajuan, dan pengembangan ilmu pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi sains siswa melalui penerapan model pembelajaran Guided Inquiry pada pembelajaran Sistem Koloid di kelas XI SMA Negeri 5 Pekanbaru. Penelitian ini adalah Pra-eksperimen dengan desain satu kelompok pretest-posttest. Teknik pengumpulan data adalah tes literasi ilmiah dalam bentuk pilihan ganda, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil pencapaian literasi sains siswa masing-masing indikator menunjukkan bahwa menerapkan pengetahuan yang sesuai adalah 71,67%, mengidentifikasi 76%, memprediksi 75%, mengajukan hipotesis jelas adalah 76,25%, menunjukkan cara untuk menyelidiki pertanyaan ilmiah adalah 58,75%, dan menggambar kesimpulan yang tepat adalah 76,25%. Hasil kemampuan literasi sains siswa menunjukkan bahwa skor rata-rata postes adalah 72,32% pada kategori baik.
Full Text:
PDFReferences
A. Rakhmawan, A. Setiabudi, dan A. Mudzakir. (2015). Perancangan Pembelajaran Literasi Sains Berbasis Inkuiri pada Kegiatan Laboratorium, Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 1(1), 143-152
Azimi, A. Rusilowati, dan Sulhadi. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Literasi Sains untuk Siswa Sekolah Dasar, Pancasakti Science Education Journal, 2(2), 145-157
Chairisa, N., Sholahuddin, A., & Leny, L. (2017). Perbedaan Literasi Ilmiah dan Hasil Belajar Pada Materi Sistem Koloid Antara Pembelajaran Yang Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing Dengan Metode Eksperimen Riil Dan Eksperimen Animasi. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 7(2), 156-175.
Choerunnisa, R., Wardani, S., & Sumarti, S. S. (2017). Keefektifan Pendekatan Contextual Teaching Learning dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Literasi Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2).
Dian indah pratika, v. I. N. D. H. Y. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Laju Reaksi Untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas Xi Sman 1 Gondang Tulungagung. UNESA Journal of Chemical Education, 5(1). 9-18
El Islami, R. A. Z., Nahadi, N., & Permanasari, A. (2016). Membangun Literasi Sains Siswa pada Konsep Asam Basa melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(2), 110-120
F. Huryah, R. Sumarmin, dan J. Effendi,. (2017). Analisis Capaian Literasi Sains Biologi Siswa SMA Kelas X Di Kota Padang, Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 1(2), 72-79.
M. Fathurrohman. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan, Jogjakarta: Ar-Ruz Media
Mohamad Yafuz Bil Amri, Ani Rusilowati, dan Wiyanto. (2017) Penerapan Model Pembelajaran Conseptual Understanding Procedures untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Di Kabupaten Tegal, Unnes Physic Education Journal, 6(3),80-92
Novili, W. I., Utari, S., Saepuzaman, D., & Karim, S. (2017). Penerapan Scientific Approach dalam Upaya Melatihkan Literasi Saintifik dalam Domain Kompetensi dan Domain Pengetahuan Siswa SMP pada Topik Kalor. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 8(1), 57-63
Riduwan. (2010). Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika, Bandung: Alfabeta
Rohmi, P. (2017). Peningkatan Domain Kompetensi dan Pengetahuan Siswa melalui Penerapan Levels Of Inquiry dalam Pembelajaran IPA Terpadu. Edusains UIN Syarif Hidayatullah, 9(1).
Sugiyono. (2017). Metode Penelilitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta
Suharsimi Arikunto. (2009). Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta
U. Toharudin. (2011). Membangun Literasi Sains peserta Didik, Bandung: Humaniora
W. Sanjaya. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana
Wulandari, N. (2016). Analisis kemampuan literasi sains pada aspek pengetahuan dan kompetensi sains siswa smp pada materi kalor. Edusains, 8(1), 66-73.
Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21-28
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.7888
Refbacks
- There are currently no refbacks.