Penerapan Pembelajaran Guided Inquiry Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Dumai

Sukini Sukini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses belajar dan hasil belajar  biologi siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Dumai melalui pembelajaran Guided Inquiry berbasis pendekatan saintifik. Selama ini pembelajaran Biologi di kelas lebih didominasi oleh guru sehingga siswa bersifat pasif dalam belajar Biologi, frekuensi siswa yang bertanya kurang, tidak mempunyai tanggung  jawab dalam mengerjakan tugas dan siswa pandai tidak membantu siswa yang kurang pandai. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Subjek dalam penelitian ini  adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Dumai pada semester I Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 31 orang dengan 10 orang siswa  laki-laki dan 21 orang siswa perempuan.Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa dan lembar hasil belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik pengamatan dan teknik tes. Hasil pengamatan dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan hasil belajar siswa dianalisis secara analisis data kuantitatif dengan analisis ketercapaian KKM setiap indikator dan analisis rata-rata hasil belajar. Peningkatan hasil belajar biologi siswa dapat terlihat dari jumlah siswa yang tuntas pada Ulangan harian 1 yaitu 9 orang atau 43% meningkat pada Ulangan Harian 2 menjadi 15 orang atau 60%. Berdasarkan catatan lapangan observer dalam penilaian aktivitas siswa, ternyata sudah sebagian besar siswa telah aktif berpartisipasi dalam pembelajaran sehingga aktivitas meribut, bermain-main, tidur-tiduran semakin berkurang dan menurun.Dari hasil penelitian diambil kesimpula bahwa penerapan model Guided Inqury berbasis pendekatan saintifik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Dumai.


Full Text:

PDF

References


A. Muri Yusuf. (2005). Dasar-dasar dan Teknik Evaluasi Pendidikan. Padang : Universitas Negeri Padang.

Arikunto. S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Agung, Iskandar. (2012). Panduan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Jakarta : Bestari Buana Murni.

Ahmadi, Abu. (1998). Psikologi Umum. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Anas, Sudijono. (2005). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

BNSP. (2006). Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus dan Contoh/Model Silabus SMA/MA. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Depdiknas. (2004). Rambu-rambu Penetapan Standar Ketuntasan Belajar Minimum dan Analisis Hasil Pencapaian Standar Ketuntasan Belajar. Jakarta

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta

Depdiknas. (2008). a. Perangkat Pembelajaran KTSP SMA. Jakarta.

Depdiknas. (2008). b.Perangkat Penilaian KTSP SMA. Jakarta

Dimyati dan Mujiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah. (2003). Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Mata Pelajaran Biologi. Jakarta.

Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah. (2003). Pedoman Umum Pengembangan Sistem Penilaian Hasil Belajar Berbasis Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Pertama ( SMP ). Jakarta

Erlina Sofiani. (2011). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa pada Konsep Listrik Dinamis. Skripsi Tidak dipublikasikan. Jakarta : Universitas Islam Negeri.

Hendro Darmodjo dan Jenny R.E Kaligis. (1993). Pendidikan IPA 2. Jakarta : Depdikbud

Ibrahim Bilgin. (2010). The Effects of Guided Inquiry Instruction Incorporating with Cooperative Learning Environment on University Students’ Achievement of Acid and Bases Concepts and Attitude Toward Guided Inquiry Instruction. Department of Primary Education Jounal Scientific Researchand Essa (4). Turkey : Mustafa Kemal University.

Ibrahim, Muslimin. (2005). Asesmen Berkelanjutan Konsep Dasar, Tahapan Pengembangan dan Contoh. Surabaya : Unesa University Press.

Iskandar. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Gaung Persada Press

Khairani. (2009). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dinamika Rotasi Di SMA Berorientasi Pendekatan Inquiry. Tesis S2 Universitas Negeri Padang.

Lilis Suwarti. (2008). Pengembangan Perangkat Penilaian Berbasis Kelas (Classroom Assesment) Untuk Materi Dalil Pythagoras Kelas VIII ( Penelitian Pengembangan di SMP Negeri Kota Padang ).Tesis S2 Universitas Negeri Padang.

Muslich. Masnur. (2007). KTSP Dasar Pemahaman dan Pengembangannya. Malang : Bumi Aksara

Nana Sudjana. (2008). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya

Nana Syaodih Sukmadinata. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : Remaja Rosdakarya

Nasrun Harahap, dkk. (2002). Teknik Penilaian Hasil Belajar. Jakarta : Bulan Bintang

Ridwan. (2006). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung : Alfabeta

Roestiyah. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Rozi Fitriza. (2007). Pengembangan Perangkat Penilaian Berbasis Kelas Untuk pembelajaran Matematika di Kelas VII SMPN 7 Padang. Tesis S2 Universitas Negeri Padang.

Sa’dijah, Cholis. (2006). Asesmen Kinerja Dalam Pembelajaran Matematika. Surabaya : Jurnal MathEdu Program Pascasarjana UNESA.

Slavin, R.E. (1997). Educational Psychology : Teory and Practice. Massachussetts : Allyn and Bacon.

Soeparman Kardi. (2006). Berpikir Kritis Pengertian, Manfaat dan Cara Mempelajarinya. Jakarta : Depdiknas

Stiggins, R.J. (1994). Student Centered Classroom Assesment. New York : Macmillan College Publishing Company.

Sudjana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sugiono. (2007). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung : Alfabeta

Sukardi. (2008). Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Yogyakarta : Bumi Akasara

Syaiful Sagala. (2005). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta

Tim Pekerti-AA PPSP LPP.2007. Panduan Evaluasi Pembelajaran. (Online), http://lpp.uns.ac.id/download/PANDUAN%20EVALUASI%20PEMBELAJARAN.pdf, diakses 28 Mei 2010

Tim Pustaka Yustisiya. (2007). Panduan Penyusunan KTSP Lengkap. Yogyakarta : Pustaka Yustisia

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Surabaya : Pustaka Ilmiah

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya : Prenada Media Group

Zainul, A. ( 2001). Alternative Assesment. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v2i1.7118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Natural Science and Integration

E-ISSN: 2620-5092  | P-ISSN: 2620-4967

Published By:

Department of Natural Sciences Educations, Faculty of Education and Teacher Training, State Islamic University of Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia

email: jnsi.tadrisipa@uin-suska.ac.id

Indexed By:

                      

 

 Creative Commons License

Journal of Natural Science and Integration is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.