Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Koloid di SMA Negeri 10 Pekanbaru

Meri Andani, Lisa Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi koloid di kelas XI IPA SMA Negeri 10 Pekanbaru. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari 6 kelas dan sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3sebagai kelas eksperimendan kelas XI IPA 2sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan rancangan pretest posttest non-equivalent control group design. Instrumen pengumpulandata dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Untuk mengetahuipengaruh model pembelajaran terhadap keterampilan proses sains siswa setelah diadakan perlakuan, dapat dilihat dari data selisih nilai pretest dan posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengolahan data dilakukan secara kuantitatif, yaitu dengan  menggunakan t-test. Berdasarkan hasil analisis dengan uji t-test diperoleh nilai thitung = 2,80 dan  ttabel = 2,00 dan menunjukkan thitung> ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil anallisis tersebut dapat disimpulkan bahwaada pengaruh penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap keterampilan proses sains siswa dengan koefisien pengaruh sebesar 10,8 %.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, H. (1996). Kimia Larutan. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.

Astupura, D. A., dan Hadma Yuliani. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle terhadap Motivasi dan Keterampilan Proses Sains pada Materi Pokok Cahaya. Jurnal Edusains, 4 (1), 15-27.

Avianti, R., dan Bertha, Y. (2015). Keterampilan Proses Sains Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Materi Asam Basa Kelas XI SMAN 8 Surabaya. Jurnal Pendidikan Kimia, 4 (2), 224-231.

Departemen Agama RI. (2007). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Surabaya: Mega Jaya Abadi.

Diana Rosa, D., dan Utiya Azizah. (2017). Keterampilan Generik Sains Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E pada Materi Laju Reaksi di SMA Negeri 1 Taman. UNESA Journal Of Chemical Education, 6 (2), 162-167.

Emzir. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Fazri, R. N., Suhartono dan Joharman. (2017). Penerapan Model Learning Cycle 7E dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA Tentang Gaya di Kelas V SD. Jurnal Kalam Cendekia, 5 (2.1), 121-125.

Hilman. (2014). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Mind Map terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Sains, 2 (4), 221-229.

Infantri Putra, A. H., Sri Widoretno, dan Baskoro Adi. (2015). Peningkatan Keterampilan Proses Sains (KPS) Dasar Siswa melalui Penerapan Model Learning Cycle 5E di Kelas VIII G SMP Negeri 22 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Biologi, 7 (1), 89-100.

Kartikawati, A., dan Utiya Azizah. (2017). Keterampilan Proses Sains Peserta Didik melalui Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E pada Materi Laju Reaksi Kelas XI di SMA Negeri 1 Krembung. UNESA Journal Of Chemical Education, 6 (2), 229-237.

Keenan. C. W. (1980). Kimia untuk Universitas. Jakarta: Erlangga.

Nurhasanah. (2016). Penggunana Tes Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa dalam Pembelajaran Konsep Kalor dengan Model Inkuiri Terbimbing. Skripsi UIN Sunan Kalijaga.

Permana, N. D. (2018). Penerapan Model Pebelajaran Learning Cycle 7E Berbantuan Website untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Kinematika Gerak Lurus. Journal of Natural Science and Integration, 1 (1), 11-41.

Permana, N. D., Ida Hamidah & Agus Setiawan. (2015). Penggunaan Website dalam Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Kinematika Gerak Lurus. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika. 1(1).

Petrucci, Ralph H. (2008). Kimia Dasar Prinsip dan Terapan Modren Edisi Keempat Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Purba, M. N., dan Ila Rosilawati, Tasviri Efkar.( 2016).Efektivitas Discovery Learning pada Materi Koloid dalam Meningkatkan Keterampilan Mengelompokkan dan Mengomunikasikan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 5 (3), 39-51.

Rani, R. A., Nurislami dan Azhar. (2016). Pembelajaran Fisika dengan Model Learning Cycle 7E pada Materi Listrik Dinamis untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Fisika.

Rohaniyah, W., dan Utiya Azizah. (2017). Penerapan Model Learning Cycle 7E untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Laju Reaksi. UNESA Journal Of Chemical Education, 6 (2), 174-178.

Sangadji La Ada, A. F., Rini dan Johni Azmi. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pokok Bahasan Koloid di Kelas XI IPA SMAN 6 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Fisika.

Sri Ratna Dewi, N. P., I Made Citra Wibawa, dan Ni Luh Pande Latria Devi. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses dalam Pembelajaran Siklus Belajar 7E Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6 (1), 2541-7207.

Sunarya, Yayan. (2012). Kimia Dasar 2. Bandung: CV Yrama Widya.

Susilawati. (2013). Pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah. Pekanbaru: Benteng Media.

Syukri, S. (1999). Kimia Dasar 2. Bandung: ITB.

Tahwil, M., dan Liliasari. (2014). Keterampilan-Keterampilan Sains dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Makasar: Badan Penerbit UNM.

Tania, Bella dan Murni. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 3 (1), 66-79.

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). (Jakarta: Bumi Aksara).

Wahyudi, A., dan Marjono, Harlita. (2015). Pengaruh Problem Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri Jumapolo Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Bio-Pedagogi, 4 (1), 5-11.

Yunita. (2012). Model-Model Pembelajaran Kimia. Bandung: CV Insan Mandiri.

Zakiyah, R. M., dan Utiya Azizah. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik pada Materi Reaksi Reduksi dan Oksidasi Kelas X SMA. UNESA Journal Of Chemical Education, 7 (2), 117-122.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v2i1.7114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Natural Science and Integration

E-ISSN: 2620-5092  | P-ISSN: 2620-4967

Published By:

Department of Natural Sciences Educations, Faculty of Education and Teacher Training, State Islamic University of Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia

email: jnsi.tadrisipa@uin-suska.ac.id

Indexed By:

                     

 

 Creative Commons License

Journal of Natural Science and Integration is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.