Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Biologi Berbasis Integrasi Keilmuan Islam pada Kurikulum 2013

Didi Nur Jamaludin

Abstract


Metode Penelitian menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development/ R&D) dengan fokus penelitian pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)  yang disusun guru  berdasarkan tinjuan pembelajaran biologi berbasis integrasi keilmuan Islam beserta kegiatan wawancara. Hasil penelitian  dikembangkan menjadi RPP pembelajaran biologi dengan integrasi keilmuan Islam. Sampel penelitian terdiri 6 guru Madrasah Aliyah (MA) di Kudus. Berdasarkan hasil penelitian dokumen RPP;  pertama, pembentukan sikap religius dalam RPP biasanya dituliskan dalam bentuk kegiatan berdoa.  Kedua,  sebagian besar guru tidak menyusun secara khusus untuk mengintegrasikan pengetahuan biologi dengan keilmuan islam terutama dalam materi ajar dan kegiatan pembelajaran. Hal tersebut dikarenakan penyusunan kegiatan pembelajaran mengacu pada arahan kebijakan Kurikulum 2013  dengan tanpa harus menyertakan integrasi pengetahuan Biologi dan Islam, namun demikian dalam praktik kegiatan pembelajaran beberapa guru pernah bahkan sering mengaitkan pengetahuan Biologi dan Islam seperti memahami bahwa semua makhluk hidup diciptakan oleh Allah swt. Guru dapat mengembangkan bentuk pembelajaran biologi yang memiliki integrasi keilmuan Islam dengan cara pertama mengaitkan pengetahuan biologi dengan pengetahuan keislaman baik yang  bersumber dari Alquran, hadist maupun ilmu islam lainnya. Kedua mengaitkan pengetahuan biologi dengan sistem nilai keislaman seperti keyakinan tentang penciptaan, motivasi, kekaguman terhadap penciptaan, sikap rasa bersyukur.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. Amin dkk. (2004). Integrasi Sains-Islam: Mempertemukan Epistemology Islamdan Sains. Yogyakarta: Pilar Religia.

Ancok D & Suroso F.N. (1994). Psikologi Islam: Solusi Islam Atas Problem-Problem Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arizal, F. R. (2014). Kemampuan Mahasiswa Pendidikan Kimia dalam Menganalisis Ayat-ayat Kauniyah yang berasal dari Al-Quran dan As-Sunnah sebagai Petunjuk Pengembangan Kimia Berbasis Wahyu. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA. diunduh http://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/94/63

Barbour, I. G. (2000). When Science Meets Religion. New York: Harper San Fransisco.

Fahmi, M. (2013). Tantangan Interkoneksi Sains dan Agama. Jurnal Pendidikan Agama Islam. 2 (2).

Golsani, M. (2004). Melacak Jejak Tuhan dalam Sains, Tafsir Islami atas Sains. Bandung: Mizan.

Kartanegara, M. (2003). Ketika Sains Bertemu Filsafat dan Agama. Relief: Journal of Relgious Issues CRCS Universtas Gadjah Mada. 1(1)

Mahdi, M. (1971). Ibn Khaldun’s Philosophy of History. Chicago: The University of Chicago Press.

Robertson, R (Ed). 1998. Agama: dalam Analaisa & Interpretasi Sosiologis. Jakarta: Rajawali.

Sanusi, A. (1998). Pendidikan Alternatif. Bandung: PT Grafindo Media Pratama.

Supriadi, N. (2015). Mengembangkan Kemampuan Koneksi Matematis Melalui Buku Ajar Elektronik Interaktif (BAEI) yang Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika. 6(1), 63 – 73

Yudianto, S. A. (2005). Manajemen Alam Sumber Pendidikan Nilai. Bandung: Mugni Sejahtera.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v2i1.7113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Journal of Natural Science and Integration

P-ISSN 2620-4967 | E-ISSN 2620-5092

Published by:

Program Studi Tadris IPA Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Alamat Redaksi:

Jl. H.R. Soebrantas KM 15,5, Tuah Madani, Tampan,

Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293

email: jnsi.tadrisipa@uin-suska.ac.id

CP: 081371832911-085365094688

Indexed by:

 


   Flag Counter 

Visitors Statistics

Creative Commons License
Journal of Natural Science and Integration is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.