Pembelajaran IPA Berbasiskan Integrasi Inkuiri Terbimbing dengan Numbered Head Together (NHT) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar

Alaniyah Syafaren, Yustina Yustina, Imam Mahadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran IPA berbasiskan integrasi inkuiri terbimbing dengan Numbered Heads Together (NHT) terhadap motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen, dengan design penelitian non equivalen control grup design. Penelitian dilaksanakan pada bulan September-Desember tahun pelajaran 2018 dengan sampel kelas eksperimen berjumlah 40 siswa dan kelas kontrol berjumlah 40 siswa pada kelas VIII SMP N 21 Pekanbaru. Instrumen penelitian berupa angket motivasi belajar. Motivasi belajar dalam penelitian ini terdiri atas: hasrat, dorongan, harapan, penghargaan dan menarik. Hasil penelitian ini ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai rata-rata post test motivasi belajar peserta didik antara kelas eksperimen sebesar 3.26 dibandingkan kelas kontrol sebesar 3.12 setelah dilaksanakan intervensi (P<0,05). Hal ini jelas bahwa penggunaan  integrasi inkuiri terbimbing dengan NHT dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Implikasi dari penelitian ini adalah memberikan salah satu alternative proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Agi Ginanjar. (2015). Pengaruh Metode Inkuiri Terhadap Motivasi Belajar Peserta didik SMP. Jurnal Kependidikan 45 (2): 123-129.

A.M Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

A.M Sardiman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Anita Lie. (2007). Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Chua Yan Piaw. (2006). Kaedah dan Statistik Penyelidikan. Asas Statistik Penyelidikan. Malaysia: McGraw-Hill Sdn. Bhd.

Creswell, J., W. (2012). Educational Research: palnning, conducting abd evakuating quantitative dan qualitative research (4th ed.). Boston; Pearson Education,Inc.

Damar Retnaningsih. (2016). Increasing Science Learning Motivation Through NHT Model At 5th Grade. Jurnal Pendidikan Guru 19 (5): 1-10.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Hamzah B Uno. (2008). Perencanaan Pembelajaran . Jakarta: Bumi Aksara.

I Made Alit Mariana dan Wandy Praginda. (2009). Hakikat IPA. Bandung: PPPPTKIPA.

Kunandar. (2011). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

M. Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifi k dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Miftahul Huda. (2011). Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muhammad Firdaus. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Peserta didik Kelas VIII SMP. Jurnal Formatif 6 (2): 93-99.

Muhfahroyin. (2009). Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Melalui Pembelajaran Konstruktivistik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 16(1): 88–93.

Mulyani, S., Mardiyana dan Rubono, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keaktifan Peserta didik Kelas VIII E SMP Negeri 14 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM) Solusi 1(3): 12-21.

Muslimin Ibrahim dan Muhammad Nur. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA Press.

Ngalim Purwanto. (2007). Psikologi Pendidikan Remaja. Bandung: Rosdakarya.

Oemar Hamalik. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Pallant J. (2001). SPSS Survival. A Step by step guide to data analysis using spss for window. New south wales, Australia: Allen dan Uwin.

Prasojo. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan KPS dan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains 4 (2): 130-141.

Purwanto. (2008). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riduwan. (2007). Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta.

Robert E Slavin. (2008). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Rostina Sundayana. (2010). Statistika Penelitian Pendidikan. Garut: STKIP Garut Press.

Shoimin. (2014). 68 Model Pembelajaran inovatif dalam K13. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Siti Suprihatin. (2015). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro3 (1): 73-82.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sudarwan Danim. (2004). Motivasi, Kepemimpinan & Efektivitas Kelompok. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Sudjana. (2004). Metode Statistika Edisi ke-6. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2015). Dasar-dasar Eavluasi Pendidikan Edisi ke 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Syaiful Bahri Djamarah. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Trianto. (2013). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik Konsep, Landasan Teoritik Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wina Sanjaya. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Wina Sanjaya. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v2i1.7109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Natural Science and Integration

E-ISSN: 2620-5092  | P-ISSN: 2620-4967

Published By:

Department of Natural Sciences Educations, Faculty of Education and Teacher Training, State Islamic University of Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia

email: jnsi.tadrisipa@uin-suska.ac.id

Indexed By:

                      

 

 Creative Commons License

Journal of Natural Science and Integration is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.