Pembelajaran IPA Berbasiskan Integrasi Inkuiri Terbimbing dengan Numbered Head Together (NHT) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Agi Ginanjar. (2015). Pengaruh Metode Inkuiri Terhadap Motivasi Belajar Peserta didik SMP. Jurnal Kependidikan 45 (2): 123-129.
A.M Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
A.M Sardiman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Anita Lie. (2007). Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.
Chua Yan Piaw. (2006). Kaedah dan Statistik Penyelidikan. Asas Statistik Penyelidikan. Malaysia: McGraw-Hill Sdn. Bhd.
Creswell, J., W. (2012). Educational Research: palnning, conducting abd evakuating quantitative dan qualitative research (4th ed.). Boston; Pearson Education,Inc.
Damar Retnaningsih. (2016). Increasing Science Learning Motivation Through NHT Model At 5th Grade. Jurnal Pendidikan Guru 19 (5): 1-10.
Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.
Hamzah B Uno. (2008). Perencanaan Pembelajaran . Jakarta: Bumi Aksara.
I Made Alit Mariana dan Wandy Praginda. (2009). Hakikat IPA. Bandung: PPPPTKIPA.
Kunandar. (2011). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
M. Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifi k dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Miftahul Huda. (2011). Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Muhammad Firdaus. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Peserta didik Kelas VIII SMP. Jurnal Formatif 6 (2): 93-99.
Muhfahroyin. (2009). Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Melalui Pembelajaran Konstruktivistik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 16(1): 88–93.
Mulyani, S., Mardiyana dan Rubono, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keaktifan Peserta didik Kelas VIII E SMP Negeri 14 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM) Solusi 1(3): 12-21.
Muslimin Ibrahim dan Muhammad Nur. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA Press.
Ngalim Purwanto. (2007). Psikologi Pendidikan Remaja. Bandung: Rosdakarya.
Oemar Hamalik. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Pallant J. (2001). SPSS Survival. A Step by step guide to data analysis using spss for window. New south wales, Australia: Allen dan Uwin.
Prasojo. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan KPS dan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains 4 (2): 130-141.
Purwanto. (2008). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Riduwan. (2007). Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta.
Robert E Slavin. (2008). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.
Rostina Sundayana. (2010). Statistika Penelitian Pendidikan. Garut: STKIP Garut Press.
Shoimin. (2014). 68 Model Pembelajaran inovatif dalam K13. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Siti Suprihatin. (2015). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro3 (1): 73-82.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Sudarwan Danim. (2004). Motivasi, Kepemimpinan & Efektivitas Kelompok. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Sudjana. (2004). Metode Statistika Edisi ke-6. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2015). Dasar-dasar Eavluasi Pendidikan Edisi ke 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Syaiful Bahri Djamarah. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Trianto. (2013). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana.
Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik Konsep, Landasan Teoritik Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wina Sanjaya. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Wina Sanjaya. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v2i1.7109
Refbacks
- There are currently no refbacks.