Konsep Sunnah dalam Pembelajaran Sains

Zubaidah Amir MZ, R. Risnawati, Ramon Muhandaz

Abstract


Artikel ini membahas konsep mengajar matematika dan konsep sunnah. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk membahas bagaimana konsep pengajaran yang ditunjukkan Rasulullah S.A.W. melalui sunnahnya yang terintegrasi ke dalam pengajaran. Metode penulisan yang digunakan dalam penyusunan artikel ini adalah metode studi pustaka. Beberapa konsep mengajar yang ditunjukkan oleh Rasulullaah S.A.W. melalui sunnahnya dan dapat digunakan sebagai panduan dalam membentuk konsep mengajar, antara lain: (1) mengeksplorasi apersepsi melalui tanya jawab, ini bertujuan untuk mengingatkan peserta didik dari materi pelajaran sebelumnya untuk kemudian melanjutkan ke materi berikutnya; (2) ajarkan dengan kebijaksanaan, pelajaran yang baik, dan berdebat dengan cara yang baik. Salah satu pelajaran dari kebijaksanaan ketika seorang guru mengajarkan target yang tepat, memprioritaskan materi penting, diajarkan dengan memahami situasi, kondisi, dan kemampuan pelajar, dan menyampaikan instruksi dalam bahasa yang mudah dipahami. Pelajaran yang baik dimaksudkan untuk setiap mata pelajaran yang diajarkan untuk berisi nasihat dan nilai-nilai berguna yang berlaku untuk kehidupan pembelajar. Sementara berdebat dengan cara yang baik berarti bahwa dalam meluruskan kesalahpahaman matematika yang terjadi pada siswa guu harus menyampaikannya dengan cara yang baik; (3) Menggunakan media pembelajaran sambil mengajar yang bertujuan membantu guru dalam memfasilitasi siswa untuk memahami konsep yang diberikan oleh guru. Beberapa medium pengajaran yang dipilih oleh Rasulullaah S.A.W ketika mengajar para Sahabat adalah gambar, jari, dan tulang; dan (4) menerapkan materi dan nilai-nilai karakter dalam kehidupan, seperti adil, jujur, sistematis, dan sebagainya.

Full Text:

PDF

References


Arbaa, R., Jamil, H., Razak, N.A. 2010. Hubungan Guru-Pelajar dan Kaitannya dengan Komitmen Belajar Pelajar: Adakah Guru Berkualiti Menghasilkan Perbezaan Pembelajaran antara Jantina Pelajar? (Jurnal Pendidikan Malaysia 35(2), dapat diakses pada http://journalarticle.ukm.my/1465/1/Bab_5.1.pdf)

Aslamiyah, S.S. 2013. Pendidik dalam Perspektif Pendidikan Islam (Jurnal Al Himah Vol. 3, No. 2, dapat diakses pada http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php /alhikmah/ article/ download/371/220)

Baroroh, R.U. 2004. Beberapa Konsep Dasar Proses Belajar Mengajar Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 1 No. 1, Mei-Oktober 2004, dapat diakses pada http://digilib.uin-suka.ac.id/8634/1 /R.%20UMI%20BAROROH %20BEBERAPAKONSEP%20DASAR%20PROSES%20BELAJAR%20MENG AJAR%20DAN%20APLIKASINYA%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20P ENDIDIKAN%20AGAMA%20ISLAM.pdf).

Basrudin, Ratman, dan Gagaramusu, Y. 2013. Penerapan Metode Tanya Jawab untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Sumber Daya Alam di Kelas IV SDN Fatufia Kecamatan Bahodopi (Jurnal Kreatif Tadulako Vol. 1, No. 1, dapat diakses pada http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/download/2979/2054).

Bilda, W. 2016. Pendidikan Karakter Terencana Melalui Pembelajaran (Jornal of Mathematics Education Vol. 2, No. 1, dapat diakses pada jurnalnasional.ump.ac.id/ index.php/alphamath /articleview/215/211).

Dahlan, M.S. 2014. Etika Komunikasi dalam Al-Qur’an dan Hadis (Jurnal Dakwah Tabligh Vol. 15, No. 1, dapat diakses pada http://journal.uin-alauddin.ac.id/index .php/tabligh/ article/download/342/313).

el-Qurtuby, Usman. 2012. Al-Qur'an Cordoba spesial for muslimah. Bandung: PT. Cordoba Internastional Indonesia

Elita, S. 2012. Efektivitas Metode Jarimatika dalam Meningkatkan Kemampuan Perkalian bagi Anak Kesulitan Belajar (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus Vol. 1, No. 1, dapat diakses pada http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/viewFile/775/645).

Hussin, N., Rasul, M.S., Rauf, R.A. 2013. Penggunaan Laman Web Sebagai Transformasi dalam Pembelajaran dan Pembelajaran Pendidikan Islam (The Online Journal of Islamic Education Vol. 1 Issue 2, dapat dikses pada e-journal.um.edu.my/public/articleview.php?id=5557).

Idris, T dan Mahyuni, E. 2013. Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Al Quran Hadits di MIN Rukoh Darussalam Banda Aceh (Jurnal Pionir, Vol. 1, No. 1, dapat diakses pada jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/152).

Maharani, H.R. 2014. Nilai-nilai Karakter dalam Pembelajaran Project Based Learning Materi Statistika SMP (Jurnal Pendidikan FKIP Unissula Vol. 2, No. 2, dapat diakses pada research.unissula.ac.id/file/.../9232Jurnal_hevy_PMAT_2014_Vol_2_No_2.pdf).

Marzuki. 2008. Meneladani Nabi Muhammad SAW. dalam Kehidupan Sehari-hari (Jurnal Humanika Vol. 8, No. 1, Maret 2008, hlm. 75-87, dapat diakses pada http://eprints.uny.ac.id/2597/1/9._Meneladani_Nabi_Muhammad_Saw._dalam_ Kehidupan_Sehari-hari.pdf).

Mohamed, S., Jasmi K.A., Zailani, M.A. 2016. Akhlak Guru dalam Pembelajaran dan Pembelajaran Pendidikan Islam (Jurnal Akdemika 86 (2), dapat diakses pada http://doi.org/10.17576/akad-2016-8602-0).

R., Mansur H. 2015. Menciptakan Pembelajaran Efektif Melalui Apersepsi (Artikel E-Buletin Edisi Februari, dapat diakses pada http://www.lpmpsulsel.net /v2/attachments/327_ Menciptakan%20pembelajaran%20efektif%20melalui%20apersepsi.pdf).

Ramli, M. 2015. Media Pembelajaran dalam Perspektif Al-Qur’an dan Al-Hadits (Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan Volume 13 No.23, dapat diakses pada idr.iainantasari.ac.id/4625/1/M%20Ramli_Media%20Pembelajaran.pdf).

Salafudin. 2011. Metode Pembelajaran Aktif Ala Rasulullah, Pembelajaran yang Membangkitkan Motivasi (Suatu Kajian Metode Pembelajaran dari Hadis) (Jurnal Forum Tarbiyah Vol. 9, No. 2, dapat diakses pada http://download.portalgaruda.org/ article.php?article =251466&val=6753&title=METODE%20PEMBELAJARAN%20AKTIF%20A LA%20RASULULLAH,%20PEMBELAJARAN%20YANG%20MEMBANGKI TKAN%20MOTIVASI%20(Suatu%20Kajian%20Metode%20Pembelajaran%20d ari%20Hadis).

Salleh, S.A.M.B. dan Abdullah, W.N.B.W. 2014. Pengaplikasian Manhaj Rasulullah S.A.W. dalam Prose Pembelajaran dan Pembelajaran bagi Program Pengajian Tahfiz AlQur’an di Penjara Pengkalan Chepa Kelantan (Prosiding Seminar Pembelajaran & Pembelajaran Bahasa Arab, dapat diakses pada https://seminarpnparab2014 .files.wordpress.com/2014/06/ siti-afifah-munirah-salleh.pdf).

Syarifuddin, A. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya (Jurnal Ta‟dib, Vol. XVI, No. 1, dapat diakses pada jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tadib/article/download/57/52).




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v1i2.6597

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Journal of Natural Science and Integration

P-ISSN 2620-4967 | E-ISSN 2620-5092

Published by:

Program Studi Tadris IPA Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Alamat Redaksi:

Jl. H.R. Soebrantas KM 15,5, Tuah Madani, Tampan,

Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293

email: jnsi.tadrisipa@uin-suska.ac.id

 

Indexed by:

   Flag Counter 

Visitors Statistics