Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Example Non Example di Kelas IV A Sekolah Dasar Negeri 005 Padangluas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar

Yanti Yuliana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan metode pembelajaran Example non Example pada jurusan Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV 005 SD Negeri Padang Luas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian in merupoakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap dalam setiap siklus, yaitu, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap pertemuan terdiri dari 2 pertemuan. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa dengan total 15 siswa. Objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kategori belum mencapai kriteria ketuntasan minimal sebesar 40%, dengan penerapan metode Example non Example setelah penerapan siklus 1, telah meningkat 60% dan masih belum mencapai kriteria ketuntasan minimal. nilai. Pada siklus 2 hasil belajar meningkat secara signifikan menjadi 96,66%, artinya hasil belajar siswa secara klasik dapat meningkat dengan penerapan metode Example non Example.

Full Text:

PDF

References


Anita Lie. (2002). Coopertive Learning Mempraktekkan Cooperative Learning di RuangRuang Kelas.Jakarta: Grasindo

Dimynati dan Mudjiono(2009.) Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: PT Rineka Cipta

Depdiknas, (2004). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Sekolah Dasar

Departemen Pendidikan Nasional,(2006). Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Sains Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah, Jakarta: Depdiknas

Depdikbud, (2006).Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: Balitbang Depdiknas

E . Mulyasa. (2010). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Nana Sudjana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Muhibbin Syah,(2002). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya

R.E. Slavin, (2005). Coopertive Learning. Bandung: Nusa Media

Samatowa. (2006). Bagaimana membelajarkan IPA di SD. Jakarta: Depertemen Pendidikan RI

Slameto, (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta

Suharsismi Ari Kunto. (2006). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta : PT Bumi Aksara Sudjono

Anas. (2008). Pengatar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rasa Grafindo Persada.

Syahrilfuddin et al. (2009). Psikologi Pendidikan. Riau: Cendekia Insani




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v1i2.6591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Journal of Natural Science and Integration

P-ISSN 2620-4967 | E-ISSN 2620-5092

Published by:

Program Studi Tadris IPA Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Alamat Redaksi:

Jl. H.R. Soebrantas KM 15,5, Tuah Madani, Tampan,

Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293

email: jnsi.tadrisipa@uin-suska.ac.id

 

Indexed by:

   Flag Counter 

Visitors Statistics