Profil Kesadaran dan Strategi Metakognisi Siswa SMP Negeri SeKecamatan Kampar

Giovanni Efrilla, Sri Amnah, Evi Suryanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kesadaran dan strategi metakognitif siswa kelas VII semester ganjil untuk tahun akademik 2014/2015. Pengambilan data dilakukan pada bulan Desember 2014. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan analisis deskriptif. Pengumpulan data menggunakan inventaris, kuesioner, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di kecamatan sekolah menengah negeri Kampar dengan jumlah sampel 409 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang masuk dalam kategori belum berkembang (BB) dan masih belum berkembang (MSB) tidak memiliki (0%). Sejumlah 1,26% siswa masuk kategori kurang berkembang (BBB); 16,91% siswa termasuk dalam kategori mulai tumbuh (MB); 68,23% siswa termasuk kategori dikembangkan dengan baik (SBB atau OK); dan 13,6% siswa masuk dalam kategori tumbuh dengan sangat baik (BSB atau super). Sejumlah 47,28% siswa telah dilatih dalam penggunaan strategi metakognitif dalam pembelajaran. Strategi metakognitif yang digunakan oleh siswa dalam pembelajaran adalah mempersiapkan ringkasan, menggarisbawahi bahan bacaan, dan membuat pertanyaan dan menjawabnya (26,41%); menyiapkan ringkasan dan menggarisbawahi bahan bacaan (18,09%); menyiapkan ringkasan, menggarisbawahi bahan bacaan, membuat peta konsep, dan membuat pertanyaan dan menjawabnya (10,76%), dan menyiapkan ringkasan (10,76%).


Full Text:

PDF

References


Syah, M. 2010. Psikologi Belajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia. (eds). 1988. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ke-1. Jakarta: Balai Pustaka.

Tirtarahardja, U., dan Sula, L. 2000. Penghantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

__________ . 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Prenada Media Group.

__________ . 2007. Mendesain Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Umar, H. 2008. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Wade, C. dan Tavris, C. (ed). 2008. Psikologi, Edisi Ke-9. (Alih bahasa: Padang Mursalin, M.Psi dan Dinastuti, M.Psi). Jakarta: Erlangga.

Wikipedia, Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas. 2014. Metakognitif. Diakses pada tanggal 28 September 2014. (Online). http://id.wikipedia.org/wiki/Metakognisi.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v1i1.5197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Natural Science and Integration

E-ISSN: 2620-5092  | P-ISSN: 2620-4967

Published By:

Department of Natural Sciences Educations, Faculty of Education and Teacher Training, State Islamic University of Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia

email: jnsi.tadrisipa@uin-suska.ac.id

Indexed By:

                     

 

 Creative Commons License

Journal of Natural Science and Integration is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.