Pengembangan LKPD Dinamika Rotasi dan Kesetimbangan Benda Tegar Berorientasi Problem Based Learning

Novia Novia, Husna Husna, Rahmi Zulva

Abstract


ABSTRACT

The purpose of this study is to develop problem-based learning-oriented worksheets for students of class XI science high school that are valid and practical. The development model used in this research is 4-D models consisting of define, design, develop and disseminate stages. Research is limited to the develop stage. The subjects in this study were students of class XI science at one of the senior high schools in Batusangkar. The results of the validity test show that the problem-based learning-oriented worksheets are very valid, namely 85.33% in terms of the feasibility aspects of content, language and images, presentation and graphics. The practicality value by educators and students shows that this problem-based learning-oriented LKPD has very practical criteria, namely 87.49% in terms of the ease of use of the LKPD, the time required to fill out the LKPD, easy to interpret by students and has the same equivalence for students.

Keywords: LKPD, practicality, problem based learning, validity

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKPD berorientasi  problem based learning untuk peserta didik kelas XI IPA SMA yang valid dan praktis. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 4-D models yang terdiri dari tahap define, design, develop dan disseminate. Penelitian dibatasi sampai pada tahap develop. Subjek pada penelitian ini berjumlah 33 peserta didik kelas XI IPA salah satu SMA di Batusangkar. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa LKPD berorientasi problem based learning ini pada kriteria sangat valid yaitu 85,33% ditinjau dari aspek kelayakan isi, bahasa dan gambar, penyajian dan kegrafikan. Nilai praktikalitas oleh pendidik dan peserta didik menunjukkan bahwa LKPD berorientasi problem based learning ini pada kriteria sangat praktis yaitu 87,49% ditinjau dari kemudahan penggunaan LKPD, waktu yang diperlukan untuk mengisi LKPD, mudah diinterpretasikan oleh peserta didik dan memiliki ekivalensi yang sama bagi peserta didik.

Kata kunci: LKPD, praktikalitas, problem based learning, validitas


Full Text:

PDF

References


Aini, N. A., Syachruroji, A., & Hendracipta, N. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 68-76.

Al-tabany, Trianto I. B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/TKI). Jakarta: Prenadamedia Group.

Amali, K., Kurniawati, Y., & Zulhiddah, Z. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 191-202.

Ani, N. I., & Lazulva, L. (2020). Desain dan Uji Coba LKPD Interaktif dengan Pendekatan Scaffolding pada Materi Hidrolisis Garam. Journal of Natural Science and Integration, 3(1), 87-105.

Astuti, S., Danial, M., & Anwar, M. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Kesetimbangan Kimia. Chemistry Education Review (CER), 90-114

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Gabriella, N., & Mitarlis . (2021). Pengembangan LKPD Berorientasi Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Beripikir Kritis pada Materi Hidrokarbon. UNESA Journal of Chemical Education, 10(2), 103-112.

Isrok’atun & Rosmala. (2018). Model-model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.

Kinanti & Sudirman. (2017). Analisis Kelayakan Isi Materi dari Komponen Materi Pendukung Pembelajaran dalam Buku Teks Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI SMA Negeri di Kota Bandung. Sosietas, 7(1)

Aini, N. A., Syachruroji, A., & Hendracipta, N. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 68-76.

Al-tabany, Trianto I. B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/TKI). Jakarta: Prenadamedia Group.

Amali, K., Kurniawati, Y., & Zulhiddah, Z. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 191-202.

Ani, N. I., & Lazulva, L. (2020). Desain dan Uji Coba LKPD Interaktif dengan Pendekatan Scaffolding pada Materi Hidrolisis Garam. Journal of Natural Science and Integration, 3(1), 87-105.

Astuti, S., Danial, M., & Anwar, M. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Kesetimbangan Kimia. Chemistry Education Review (CER), 90-114

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Gabriella, N., & Mitarlis . (2021). Pengembangan LKPD Berorientasi Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Beripikir Kritis pada Materi Hidrokarbon. UNESA Journal of Chemical Education, 10(2), 103-112.

Isrok’atun & Rosmala. (2018). Model-model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.

Kinanti & Sudirman. (2017). Analisis Kelayakan Isi Materi dari Komponen Materi Pendukung Pembelajaran dalam Buku Teks Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI SMA Negeri di Kota Bandung. Sosietas, 7(1).

Lestari, Lasmi. (2018). Validitas dan Praktikalitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Materi Kingdom Plantae Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan, 2(2).

Meiningsih. (2019). Majalah IT-FLY VA: Alternatif Pilihan Sumber Belajar Biologi. Phenomenon, 9(1).

Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nur, Anis. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Generatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 9 Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika (JPF), 3(1).

Pertiwi & Fitrihidajati. (2019). Pengembangan Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Guided Discovery Materi Ekosistem untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 8(3).

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogjakarta: Diva Press.

Pratama & Saregar. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scaffolding untuk Melatih Pemahaman Konsep. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1).

Purwanto.H, Aminah.S, Ramadhani.W, Azim.F. (2020).Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa pada Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan. Journal of Natural Science and Integration, 3(2)

Riduwan. (2012). Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.

_______. (2013). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Risanti, R., Darma, Y., & Hartono, H. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning Berorientasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. MATHEMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 127-135.

Sani, R. A. (2016). Penilaian Autentik. Jakarta: Bumi Aksara.

Slamet, W. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Lingkungan Sekitar Peserta Didik di Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1), 189-204.

Soegiyanto.KS, Galilei, G. (2014). Analisis Isi dan Penyajian Buku Sekolah Elektronik (BSE) Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan kelas XI SMA di Kota Semarang. Journal of Physical Education and Sports, 3(2).

Yusup, F. (2018). Uji Validitas Dan Reliabelitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1)




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v4i2.14428

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Natural Science and Integration

E-ISSN: 2620-5092  | P-ISSN: 2620-4967

Published By:

Department of Natural Sciences Educations, Faculty of Education and Teacher Training, State Islamic University of Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia

email: jnsi.tadrisipa@uin-suska.ac.id

Indexed By:

                      

 

 Creative Commons License

Journal of Natural Science and Integration is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.