Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Biologi Berbasis Integrasi Keilmuan Islam Pada Kurikulum 2013

Didi Nur Jamaludin

Abstract


Metode Penelitian menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development/ R&D) dengan fokus penelitian pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disusun guru berdasarkan tinjuan pembelajaran biologi berbasis integrasi keilmuan Islam beserta kegiatan wawancara. Hasil penelitian dikembangkan menjadi RPP pembelajaran biologi dengan integrasi keilmuan Islam. Sampel penelitian terdiri 6 guru Madrasah Aliyah (MA) di Kudus. Berdasarkan hasil penelitian dokumen RPP; pertama, pembentukan sikap religius dalam RPP biasanya dituliskan dalam bentuk kegiatan berdoa. Kedua, sebagian besar guru tidak menyusun secara khusus untuk mengintegrasikan pengetahuan biologi dengan keilmuan islam terutama dalam materi ajar dan kegiatan pembelajaran. Hal tersebut dikarenakan penyusunan kegiatan pembelajaran mengacu pada arahan kebijakan Kurikulum 2013 dengan tanpa harus menyertakan integrasi pengetahuan Biologi dan Islam, namun demikian dalam praktik kegiatan pembelajaran beberapa guru pernah bahkan sering mengaitkan pengetahuan Biologi dan Islam seperti memahami bahwa semua makhluk hidup diciptakan oleh Allah swt. Guru dapat mengembangkan bentuk pembelajaran biologi yang memiliki integrasi keilmuan Islam dengan cara pertama mengaitkan pengetahuan biologi dengan pengetahuan keislaman baik yang bersumber dari Alquran, hadist maupun ilmu islam lainnya. Kedua mengaitkan pengetahuan biologi dengan sistem nilai keislaman seperti keyakinan tentang penciptaan, motivasi, kekaguman terhadap penciptaan, sikap rasa bersyukur.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. Amin dkk. (2004). Integrasi Sains-Islam: Mempertemukan Epistemology Islamdan

Sains. Yogyakarta: Pilar Religia.

Ancok D & Suroso F.N. (1994). Psikologi Islam: Solusi Islam Atas Problem-Problem Psikologi.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arizal, F. R. (2014). Kemampuan Mahasiswa Pendidikan Kimia dalam Menganalisis Ayat-ayat

Kauniyah yang berasal dari Al-Quran dan As-Sunnah sebagai Petunjuk Pengembangan

Kimia Berbasis Wahyu. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA. diunduh

http://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/94/63

Barbour, I. G. (2000). When Science Meets Religion. New York: Harper San Fransisco.

Fahmi, M. (2013). Tantangan Interkoneksi Sains dan Agama. Jurnal Pendidikan Agama Islam.

(2).

Golsani, M. (2004). Melacak Jejak Tuhan dalam Sains, Tafsir Islami atas Sains. Bandung: Mizan.

Kartanegara, M. (2003). Ketika Sains Bertemu Filsafat dan Agama. Relief: Journal of Relgious

Issues CRCS Universtas Gadjah Mada. 1(1)

Mahdi, M. (1971). Ibn Khaldun’s Philosophy of History. Chicago: The University of Chicago

Press.

Robertson, R (Ed). 1998. Agama: dalam Analaisa & Interpretasi Sosiologis. Jakarta: Rajawali.

Sanusi, A. (1998). Pendidikan Alternatif. Bandung: PT Grafindo Media Pratama.

Supriadi, N. (2015). Mengembangkan Kemampuan Koneksi Matematis Melalui Buku Ajar

Elektronik Interaktif (BAEI) yang Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman. Al-Jabar: Jurnal

Pendidikan Matematika. 6(1), 63 – 73

Yudianto, S. A. (2005). Manajemen Alam Sumber Pendidikan Nilai. Bandung: Mugni Sejahtera.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v2i1.10572

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Natural Science and Integration

E-ISSN: 2620-5092  | P-ISSN: 2620-4967

Published By:

Department of Natural Sciences Educations, Faculty of Education and Teacher Training, State Islamic University of Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia

email: jnsi.tadrisipa@uin-suska.ac.id

Indexed By:

                      

 

 Creative Commons License

Journal of Natural Science and Integration is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.