Pengembangan E-Magazine Berbasis Multipel Representasi untuk Pembelajaran Kimia di SMA pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit
Abstract
This research aims to develop learning media in the form of E-Magazine based on multiple representations for chemistry learning in high school on electrolyte and non-electrolyte solution material. E-Magazine is designed using Adobe Flash CS6 software. The type of research used is research and development or research and development (R&D) with the Borg and Gall research model with stages including research and data collection, planning, product development, small-scale trials and product revisions. Data collection techniques used in the form of observation, interviews and questionnaires. Based on the results of the validation of material experts, it was found that the validity of the E-Magazine based on multiple representations for chemistry learning in high school on the resulting electrolyte and non-electrolyte solution material was included in the very valid category with a validity value of 100% and for the validation of media experts a validity value of 88,46% with very valid category. The results of the practicality test obtained a practicality value of 95% in the very practical category and for student responses to the overall contents of the E-Magazine it was found that 50% of students said it was good and 50% of students said it was very good.
Keywords: e-magazine, multiple representation, electrolyte and non-electrolyte solution
ABSTRAK.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa E-Magazine berbasis multipel representasi untuk pembelajaran kimia di SMA pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. E-Magazine didesain menggunakan Software Adobe Flas CS6. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) dengan model penelitian Borg dan Gall dengan tahapan meliputi penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk, uji coba skala kecil dan revisi produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan angket. Berdasarkan hasil validasi ahli materi diperoleh bahwa validitas E-Magazine berbasis multipel representasi untuk pembelajaran kimia di SMA pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit yang dihasilkan termasuk dalam kategori sangat valid dengan nilai validitas 100% dan untuk validasi dari ahli media diperoleh nilai validitas sebesar 88,46% dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan diperoleh nilai praktikalitas sebesar 95% dengan kategori sangat praktis dan untuk respon siswa terhadap keseluruhan isi E-Magazine diperoleh bahwa 50% siswa menyatakan bagus dan 50% siswa menyatakan sangat bagus.
Kata kunci: e-magazine, multipel representasi, larutan elektrolit dan non elektrolit
Full Text:
PDFReferences
Anggraeni, R. D., & Kustijono, R. (2013). Pengembangan Media Animasi Fisika pada Materi Cahaya Dengan Aplikasi Flash Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Fisika dan Aplikasinya, 3(1), 11-18.
Chandrasegaran, A. L., Treagust, D. F., & Mocerino, M. (2007). The Development Of a Two-Tier Multiple-Choice Diagnostic Instrument for Evaluating Secondary School Students’ Ability To Describe And Explain Chemical Reactions Using Multiple Levels Of Representation. Chemistry Education Research and Practice, 8(3), 293–307.
Dwitariani, I., & Suputra, I. D. G. D. (2016). Integritas Sebagai Pemoderasi Pengaruh Pengalaman Auditor Pada Kualitas Audit. E-Jurnal Akuntansi, 16(3), 1744-1770.
Emzir. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan Kauntitatif dan Kualitatif. Depok: Rajawali Press.
Fitria, F., Priatmoko, S., & Kasmui, K. (2016). Penggunanan Multimedia Interaktif Dalam Menimalisasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 10(1), 1641–1650.
Herda, A., Damris, M., & Asrial, A. (2014). Pengembangan Media Interaktif pada Pembelajaran Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit untuk Siswa SMA Kelas X. Jurnal Edu-Sains, 3(1), 22–27.
Hsin-kai, W., Krajick, S., & Eliot, S. (2000). Promoting Conseptual Understanding Of Chemical Representation Students’ Use Of A Visualization Tool In The Classroom.
Indrayani, P. (2012). Analisis Pemahaman Makroskopik, Mikroskopik, dan Simbolik Titrasi Asam-Basa Siswa Kelas XI IPA SMA Serta Upaya Perbaikannya Dengan Pendekatan Mikroskopik. Jurnal Pendidikan Sains, 1(2), 208-216.
Kotz, J. C., Treichel, P. M., & Townsend, J. (2012). Chemistry And Chemical Reactivity. Cengage Learning.
Kurniawati, Y. (2019). Teknik Penyusunan Instrument Penelitian Pendidikan Kimia. Pekanbaru: Kreasi Edukasi.
Nurjanah, J. R. (2014). Pengembangan Media Interektif E-Magazine Pada Materi Pokok Dinamika Rotasi Pada Siswa SMA Kelas XI. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 18–25.
Pakpahan, A., Gani A., & Hasan, M. (2016). Pengembangan Majalah Kimia Pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia Kelas X. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia, 1(4), 52-59.
Pratiwi, N., Gardjito, G., & Hamidah, A. (2017). Pengembangan Majalah Biologi Sebagai Media Pembelajaran Pada Pokok Bahasan Protista Kelas X MIA di SMA N 7 Kota Jambi. Biodik, 3(1), 27-34.
Putri, D.N.A., Epinur., & Muhaimin. (2019). Pengembangan E-Magazine Materi Kesetimbangan Kimia di SMAN 1 Kota Jambi. Journal Of The Indonesian Society Of Integrated Chemistry, 11(1), 10-19.
Riduwan. (2007). Skala Pengukura Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Saselah, Y. R., & Qadar, R. (2017). Interactive Multimedia Development Based on Adobe Flash CS6 Profesional on Learning of Chemical Equilibrium. Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia, 2(2), 80–89.
Simehatte, I., & Nazar, M. (2016). Pengembangan Media Eleksido Menggunakan Camtasia Studio 8 Pada Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Untuk Siswa Kelas X MIA SMAN 1 Krueng Barona Jaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia, 1(3), 27–34.
Sirhan, G. (2007). Learning Difficulties in Chemistry: An Overview. Journal of Turkish Science Education, 4(2), 1-20
Sopingi. (2015). Pengantar Statistik Pendidikan Jilid 1. Malang: Gunung Samudra.
Wibanto, W. (2017). Desain dan Pemograman Multimedia Interaktif. Jember: Cerdas Ulet Kreatif.
Yani, H., Yusrizal, Y., & Khaldun, I. (2015). Efektifitas Pendekatan Mikroskopik Dalam Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia2, 3(1), 38–46.
Yuliyanto, E., & Rohaeti, E. (2013). Pengembangan Majalah Kimia untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kreativitas Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Milati. Jurnal Pendidikan Sains, 1(1), 1–15.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.10131
Refbacks
- There are currently no refbacks.