Penggunaan Metode Peer Teaching Dalam Meningkatkan Keterampilan Siswa Dalam Menulis Teks Prosedur di Kelas VII-1 SMP Negeri 9 Batam Tahun Pelajaran 2017/2018

Desmi Desmi

Abstract


Keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII-1 SMP Negeri 9 Batam masih belum maksimal. Hasil tes awal yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan hasil menulis teks prosedur siswa masih rendah. Hal ini diketahui 75% siswa belum mencapai KKM, hanya 25% siswa yang sudah mencapai KKM dan mampu menulis teks prosedur sesuai dengan langkah-langkah menulis teks prosedur. Dari hasil tes menulis teks prosedur menunjukkan bahwa siswa kurang memahami materi tentang langkah-langkah menulis teks prosedur. Pada pra siklus di hasilkan skor observasi 79 artinya ketrampilan siswa dalam menulis teks prosedur kurang baik. Selanjutnya peneliti merasa begitu penting untuk melaksanakan penelitian dengan menggunakan metode Metode peer teaching. Pada siklus I Hasil observasi menunjukkan skor 161 artinya ketrampilan siswa dalam menulis teks prosedur cukup baik. Akan tetapi agar lebih kondusif lagi ketrampilan siswa dalam menulis teks prosedur maka peneliti hendak melaksanakan siklus II. Pada siklus II Hasil observasi menunjukkan skor 210 Artinya Ketrampilan siswa dalam menulis teks prosedur sangat baik.  Pada kegiatan observasi peserta didik, guru menilai bahwa Siswa dapat menyusun struktur teks teks prosedur dengan lengkap, Siswa dapat menyimpulkan prinsip penggunaan kata/kalimat/paragraf pada teks prosedur, Siswa dapat membuat teks prosedur dengan gagasan yang jelas, Siswa dapat menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca/ejaan dan Siswa dapat menulis teks prosedur dengan tepat.

Keywords


Metode Peer Teaching, Ketrampilan Siswa Dalam Menulis Teks Prosedur

Full Text:

PDF

References


I Nyoman Tri Antara. (2010). Penerapan Metode Tutor Sebaya (Peer Teaching) dengan Berbantuan Media Audio Visual sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Ketrampilan Berbicara Siswa Kelas X.I SMA Negeri 1 Sidemen. Skripsi (Tidak terbit). Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. FBS Undiksha.

Puspita Dwi Fitriyanti, Yuniseffendri. (2018). Keefektifan Metode Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Rakyat Peserta Didik kelas VII SMP Negeri 1 Pandaan Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Bapala, 5 (1).

Iskandarwassid, Dadang Sunendar. (2013). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Penerbit Nuansa.

Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Erna Megawati. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Peer Teaching dalam Pengajaran Tenses pada Mahasiswa EFL. Jurnal DEIKSIS, 11 (01).

Musa Thahir, Zubaidah Amir MZ. (2019). Pemahaman Konsep Matematika Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching Pada Siswa Kelas X MAN Kuala Enok. Instructional Development Journal, 2(1).

Syaiful Bahri Djamarah, Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Nurmiati, Mantasiah. (2017). Keefektifan Penggunaan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer-Teaching) Dalam Kemampuan Membaca Memahami Bahasa Jerman Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1 (1).

Ni Putu Puspa Rita Dewi. (2010). Penerapan Metode Picture And Picture untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Dongeng Pada Siswa kelas X2 SMA Negeri 1 Seririt. Skripsi (Tidak terbit). Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. FBS Undiksha.

Imron Rosidi. (2009). Menulis Siapa Takut. Jakarta: Kanisius.

I Wayan Budi Setiawan, I Gede Artawan, I Wayan Rasna. (2014). Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Teaching) untuk Meningkatkan Pemahaman Isi Teks Dongeng Siswa Kelas VII A1 di SMP Negeri 3 Sawan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 2(1).

Henry Guntur Tarigan. (2008). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa (Edisi Revisi). Bandung: Angkasa.

M. Sobry Sutikno, Pupuh Fathurrohman. (2010). Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. Bandung: Refika Aditama.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v3i1.9034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.