Metode Pembelajaran Peer Teaching sebagai Solusi Dalam Pembelajaran Matamatika

Indra Joni, Rian Vebrianto, Zubaidah Amir MZ

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penyelenggaran pendidikan dasar masih sangat memprihatinkan, dimana guru masih banyak menggunakan metode-metode lama dalam mengajar dikelas sehingga kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa yang rendah Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran Peer Teaching sebagai solusi dalam pembelajaran matamatika. Jenis penelitian yang digunakan adalah kajian lapangan yaitu dengan wawancara dan penelitian kepustakaan yang diperoleh dari buku atau jurnal-jurnal yang berhubungan dengan permasalahan utama. Adapun teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dengan wali kelas V dan VI dan melihat arsip nilai ulangan semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan kajian-kajian literatur yang penulis lakukan diperoleh informasi bahwa sudah banyak peneliti yang menerapkan metode pembelajaran tutor sebaya (peer teaching) diberbagai tingkatan pendidikan mulai dari tingkat SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK dapat meningkatkan motivasi belajar dan juga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Keywords


Metode Pembelajaran, Peer Teaching, Pembelajaran Matematika, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Ali, M. (2009). Pendidikan untuk Pembangunan Nasional: Menuju Bangsa Indonesia yang Mandiri dan Berdaya Saing Tinggi. Jakarta: Grasindo.

Asmi, P., L., Herawati, S., Thaher, A. (2018). Program Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Metode Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas VI A SD Pertiwi 2 Padang. Universitas Bung Hatta.

Haryati Ahda Nst, N. (2019, February). Implementasi Metode Tutor Sebaya terhadap Pembelajaran Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian (Vol. 2, No. 1, pp. 447-453).

Hastari, R. C. (2019). Penerapan Strategi Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 4(1), 46-50.

Mastrianto, A., Imron, A., & Maskun, M. (2017). Efektivitas penggunaan model pembelajaran tutor sebaya untuk meningkatkan minat belajar siswa. PESAGI (Jurnal Pendidikan Dan Penelitian Sejarah), 5(8).

Pangerti, B. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Motivasi Belajar, Minat Belajar dan Hasil Belajar Matematika Kelas XI Ilmu Alam MAN Model Sorong. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 3(1), 30-39.

Pertiwi, A. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya terhadap Efikasi Diri dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 24 Makasar.

Sabrina, R., Fauzi, F., & Yamin, M. Y. M. (2017). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran Matematika di Kelas V Sd Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4).

Sani, R. A. (2013). Inovasi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudaryanti, S. (2012). Pentingnya pendidikan karakter bagi anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1).

Suparni, S. (2013). Pembelajaran Tutor Sebaya Implikasinya terhadap Pembelajaran Matematika (Studi Kasus pada Prodi TMM STAIN Padangsidimpuan). Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 1(02).

Thahir, M., & MZ, Z. A. (2019). Pemahaman Konsep Matematika Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching Pada Siswa Kelas X MAN Kuala Enok. Instructional Development Journal, 2(1), 1-5.

Zein, M., Nuh, Z. M., Dardiri, D., Jasril, J., Candra, R. M., Hanafi, I., & Thahir, M. (2019). Hybrid Learning in Mathematics Learning: Experimental Study in SMA Negeri 1 Pekanbaru. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 2(2), 56-60.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v3i2.10303

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.