URGENSI RETORIKA DALAM PERSFEKTIF ISLAM DAN PERSEPSI MASYARAKAT

SUARDI SUARDI

Abstract


Retorika intinya merupakan penggunaan kata-kata dan bicara baik dan efektif. Bicara merupakan bentuk komunikasi manusia yang paling esensial. Salah satu anugrah paling besar yang diberikan Tuhan kepada Manusia. Islam sendiri, memerintahkan untuk bicara baik.

Dalam perkembangannya, retorika kini lebih kepada sebuah ilmu. Tidak lagi hanya berlandaskan pada metode-metode kohersif atau asumsi. Retorika, seperti disiplin yang lain, dirumuskan dari hasil penelitian empiris. Artinya, kebenaran dalam retorika modern merupakan kebenaran ilmiah. Dimana kebenaran yang sesuai dengan fakta dan mengandung isi pengetahuan

Mencermati persefsi negatif  retorika disebagian kalangan masyarakat saat ini, jika kita mau jujur  akar permasalahannya tak terlepas dari  kondisi sebagian masyarakat kita dan praktisi retorika itu sendiri. Sebagian masyarakat kita masih ternina bobokkan dengan kata-kata manis menyentuh hati, terpesona dengan argumen dan gagasan yang hanya sebatas silat lidah dan terpukau dengan penampilan atraktif dan kata berapi-api.

Para praktisi retorika lebih kepada menjadikan retorika sebagai metode kohersif salah satunya dalam bentuk usaha pencapaian tujuan, meskipun harus mengumbar kebohongan. Padahal ini sebenarnya merupakan poa-pola dari retorika klasik, yang telah lama ditinggalkan. 


Keywords


Retorika, Islam dan Persepsi Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Ardianto, Komala dan Siti Karlinah. 2007. Komunikasi Massa : Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Drs. Jalaluddin, Rakhmat, Msc.(2008), Retorika Modern Pendekatan Praktis, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Drs.Jalaludin Rakhmat,M.Sc.(2008). Psikologi Komunikasi. Bandung. PT. RemajaRosdakarya

Durant, Will. (1976). The Story of Civilization, London:Mac Milan

Larry King, Bill Gilbert(1998), Seni Bicara Kapan Saja Dimana Saja_Rahasia-rahasia Komunikasi yang baik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

M. Alaika Nashrulloh (2016) Dalam Jurnal Darussalam Vol.VIII, No 1: 156-171

Mulyana, Deddy. (2007). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung : Remaja Rosdakarya

Richard West, Lynn H. Turner. (2009) .Teori Komunikasi, edisi terjemahan, Jakarta: Salemba. Humanika

S Emoto, Masaru., (2006). Secret Life of Water “Menguak Rahasia Mengapa Air Dapat Menyembuhkan”, (judul asli: Mizu Wa Kotae Wo Shitteiru 2), terj. Susi Purwoko, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2006.

Suhandang, Kustadi,( 2008). Retorika: Strategi, Teknik dan Taktik Pidato, Nuansa, Bandung.

Thomas M. Scheidel. (1976). Speech Communication and Human Interactions, Oxford University Press,Inc


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons LicenseAn-Nida by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats