STRATEGI PENGEMBANGAN LINGUISTIK TERAPAN MELALUI KEMAMPUAN MENULIS BIOGRAFI DAN AUTOBIOGRAFI: SEBUAH UPAYA MEMBANGUN KETERAMPILAN MENULIS KREATIF MAHASISWA

Vera Sardila

Abstract


Bahasa merupakan alat bantu yang sangat luar biasa bagi manusia dalam menyampaikan pikiran dan perasaan yang meliputi tatar wacana, tatar kalimat, tataran dan artikulasi. Hal ini dapat diwujudkan secara lisan dan tertulis. Dalaam konteks tulisa dapaat dituangkan melaui aktivitas menulis. Menulis menulis tidak lagi sekedar pengetahuan dan kemampuan yang dikuasai oleh kalangan intelektual, dan tidak pula sekedar hobi, akan tetapi sudah menjadi kebutuhan bagi kaum intelektual, dalam memproduksi pikiran dan keinginan, terutama pada mahasiswa. Dalam hal ini menulis bagi mahasiswa tidak hanya merupakan kebutuhan, akan tetapi sudah menjadi kewajiban guna menyelesaikan masa studinya sebagai persyaratan diwisuda menjadi seorang sarjana. Dalam ranah sebagai seorang akademisi, mahasiswa tidak hanya dituntut gemar menulis artikel tetapi juga menghasilkan tulisan yang berisi pemikiran-pemikiran atau ide-ide kreatif. Oleh karena itulah, menulis merupakan hal yang akrab sekali dengan dunia akademik. Namun pada kenyataannya menulis seringkali dirasakan banyak kendala bagi para mahasiswa, oleh karena menulis memerlukan kesungguhan dalam mengolah, menata, mempertimbangkan secara kritis, dan menata ulang gagasan yang dicurahkan, bahkandiperlukan agar tulisan dapat terpahami pembaca dengan baik. Tulisan ini memberikan motivasi bagi para mahasiswa khususnya dalam membangun semangat dan menulis, terutama menulis kreatif berupa biografi dan autobiografi.

Keywords


Biografi; Keterampilan; Manusia

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons LicenseAn-Nida by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats