PENGGUNAAN MEDIA DAN ALAT PERAGA SERTA DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DAN IPS
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 014 Bandar Alai Kari Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi karena tingkat hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika dan IPS masih tergolong rendah. Melihat hal tersebut maka perlu dilakukan sebuah penelitian dalam bentuk penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui sejauh mana kemampuan yang dimiliki siswa dalm pelajaran Matematika dan IPS. 2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa setelah diterapkan penggunaan alat peraga dan media pembelajaran yang relevan pada pelajaran Matematika dan IPS. 3) Untuk mengetahui perubahan prestasi siswa setelah menggunakan alat peraga dan media pembelajaran. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga dan media pembelajaran pada pelajaran Matematika dalam pokok bahasan perkalian dan pembagian pecahan dan pelajaran IPS pokok bahasan peta buta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti pada siklus I pada pembelajaran Matematika siswa yang berhasil menuntaskan pembelajaran adalah 14 orang atau sekitar 70% dan pada siklus II pada pembelajaran Matematika siswa yang berhasil menuntaskan pembelajaran adalah 16 orang atau sekitar 80%. Sedangkan pada pembelajaran IPS, siklus I siswa yang berhasil menuntaskan pembelajaran adalah 18 orang atau sekitar 90% dan pada siklus II pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa yang berhasil menuntaskan pembelajaran adalah 20 orang atau 100%.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i1.5601
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.