PENEREPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Pada proses pembelajaran globalisasi peserta didik tidak aktif, sulit memahami konsep globalisasi, hanya ada 2 orang peserta didik (10,53%) yang tuntas belajar atau mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 70. Untuk itu diperlukan perbaikan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar globalisasi melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learnig (PBL). Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas IV SD Negeri 013 Rambah yang berjumlah 19 orang. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Intrumen penelitian berupa perangkat pembelajaran dan alat pengumpulan data ( lembar tes ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pada siklus I adalah 89,2 (baik), sedangkan pada siklus II adalah 97,3 (amat baik). Untuk ketuntasan belajar secara klasikal adalah tidak tuntas (94,4%) pada siklus I dan tuntas (100,00%) pada siklus II. Dengan demikian penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar globalisasi pada kelas IV SD Negeri 013 Rambah.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i1.5591
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.