MODEL PENDEKATAN BERMAIN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEBUGARAN JASMANI SISWA TUNARUNGU
Abstract
Penelitian ini Permasalahan yang dilatarbelakangi dengan temuan di lapangan yaitu anak tunarungu kelas VII belum menunjukkan kebugaran jasmaninya dalam belajar, sehingga dalam belajar terlihat lesu, loyo, tidak bersemangat, dan kurang konsentrasi. Penelitian ini menggunakan jenis tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan dalam bentuk kolaborasi dengan teman sejawat. Sampel penelitian ini adalah siswa tunarungu Kelas VII berjumlah 10 orang dengan siswa laki-laki sebanyak 4 orang dan perempuan sebanyak 6 orang. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus. Siklus I dilakukan 8 kali pertemuan dan siklus II dilakukan 8 kali pertemuan. Data dikumpulkan melalui observasi, tes dan dokumentasi dan diolah secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada sikulus I diperoleh data bahwa tes kebugaran jasmani dengan rata-rata nilai 50.17429 dan simpangan baku untuk tes awalnya adalah 10.23916. Hasil tersebut menunjukan bahwa kebugaran jasmasni yang diperoleh sampel mengalami kenaikan sehingga menunjukan bahwa kebugaran jasmani sampel termasuk dalam kategori baik. Sedangkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada sikulus II diperoleh data bahwa tes kebugaran jasmani dengan rata-rata nilai 50.2213 dan simpangan baku untuk tes awalnya adalah 10.25516. Hasil penyajian data di atas dapat disimpulkan bahwa pendekatan bermain dapat meningkatkan kebugaran jasmani anak tunarungu, maka disarankan kepada guru agar dapat menerapkan pendekatan bermain dalam meningkatkan meningkatkan kebugaran jasmani anak tunarungu.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i4.4885
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.