PENINGKATAN BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DAN METODE DEMONSTRASI PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa pada materi pelajaran, mendeskripsikan penggunaan metode demonstrasi, latihan dan metode bercerita serta meningkatkan proses pembelajaran agar tercapai ketuntasan belajar baik individual maupun klasikal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) di kelas V SDN 010 Seberang Pantai Kecamatan Kuantan Mudik sebanyak 29 orang siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II, yang mana tiap-tiap siklus ini dilakukan beberapa tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa 1) Penggunaan metode pemberian contoh dan latihan dapat meningkatkan penguasaan sistem terhadap materi penggunaan alat peraga pada Matematika dan apresiasi sastra pada pelajaran Bahasa Indonesia. 2) Perbaikan pembelajaran akan dapat membantu dan meningkatkan minat serta aktifitas belajar siswa. 3) Perbaikan pembelajaran dapat meningkatkan potensi belajar siswa. Tanpa perbaikan pembelajaran, minat dan aktivitas belajar siswa semakin berkurang. 4) Motivasi, media dan alat peraga merupakan faktor-faktor yang menentukan keberhasilan seorang guru dalam menyampaikan materi pembelajaran.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i4.4876
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.