MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DAN IPA MELALUI PEMBELAJARAN DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Nopridayati Nopridayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran diskusi kelompok dapat meningkatkan keberhasilan siswa kelas V2 pada pelajaran Bahasa Indonesia dan IPA. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang mana tiap-tiap siklus ini dilakukan beberapa tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian di dilaksanakan di kelas V SDN 001 Pasar Lubuk Jambi Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh pada pelajaran Bahasa Indonesia, siklus I siswa yang mencapai nilai ketuntasan hanya 77,7% sedangkan pada siklus II siswa yang mencapai nilai ketuntasan adalah 100%.  Pada pelajaran IPA, siklus I siswa yang mencapai nilai ketuntasan hanya 74% sedangkan pada siklus II siswa yang mencapai nilai ketuntasan adalah 100%. Artinya hasil belajar siswa pada kedua mata pelajaran tersebut mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus II sehingga dapat disimpulkan bahwa pemberian teknik belajar dengan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan IPA.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i4.4875

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter