IPA DAN PKn MELALUI PRCOBAAN DAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada bidang studi IPA dan meningkatkan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran PKn melalui percobaan dan penggunaan alat peraga. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) di kelas IV SDN 028 Pulau Kalimanting Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II, yang mana tiap-tiap siklus ini dilakukan beberapa tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode percobaan dan penggunaan alat peraga dapat mencapai ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran IPA dan penggunaan alat peraga yang optimal dapat mencapai ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran PKn.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i4.4872
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.