PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DUPLIKAT, BALING-BALING, PERASUT, DAN PESAWAT MAINAN PADA MATERI PERUBAHAN GERAK AKIBAT PENGARUH UDARA PADA PELAJARAN IPA

Murnawati Murnawati

Abstract


Penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas IV SD Negeri 010 Seberang Pantai Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi yang berjumlah 20 siswa. Penggunaan media duplikat, baling-baling, perasut dan pesawat mainan pada materi perubahan gerak akibat pengaruh udara pada pelajaran IPA, penggunaan metode diskusi untuk meningkatkan pengetahuan siswa dalam memilih kata-kata penting dan membuat kesimpulan suatu cerita pada pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil evaluasi pembelajaran pada pelajaran IPA dalam siklus I dengan standar terendah 70, siswa yang memperoleh nilai 70–100 sebanyak 11 orang atau 55% sedangkan pada siklus II dengan standar nilai yang sama, siswa memperoleh nilai 70–100 sebanyak 14 orang atau 70%. Pada pelajaran Bahasa Indonesia dalam siklus I dengan standar terendah 70, siswa yang memperoleh nilai 70–100 sebanyak 13 orang atau 65% sedangkan pada siklus II dengan standar nilai yang sama, siswa memperoleh nilai 70–100 sebanyak 15 orang atau 75%. Dari hasil evaluasi tersebut dapat disimpulkan penggunaan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar pada pelajaran IPA dan penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i4.4871

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter