PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SEKOLAH DASAR

Yuliati Yuliati

Abstract


Penelitian ini mengenai hasil belajar IPS pada siswa kelas V-A SD Negeri 010 Ratu Sima Dumai Selatan. Diketahui bahwa hasil belajar IPS siswa kelas V-A yang rendah. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dibutuhkan suatu metode pembelajaran yang inovatif. Salah satunya adalah metode pembelajaran make a match. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V-A SD Negeri 010 Ratu Sima Dumai Selatan tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V-A SD Negeri 010 Ratu Sima Dumai Selatan. Pengambilan data dilaksanakan pada tanggal September sampai dengan Oktober 2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-A SD Negeri 010 Ratu Sima Dumai Selatan dengan jumlah siswa 36 orang siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Pengumpulan data diambil dari hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode pembelajaran make a match. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan tiapsiklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,pengamatan dan refleksi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar IPSpada siswa kelas V-ASD Negeri 010 Ratu Sima Dumai Selatan tahun ajaran 2016/2017. Hasil belajar sebelum PTK adalah 72.5 dengan kategori kurang. Hasil belajar siklus I adalah 82.2 dengan kategori cukup. Hasil belajar siklus II adalah 85.0 dengan kategori baik.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i4.4856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter