PENGARUH PENDEKATAN SOMATIS AUDITORI VISUAL INTELEKTUAL (SAVI) DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR

Erlim Erlim

Abstract


Ilmu matematika berkaitan dengan teknologi dan cara mencari tahu tentang pengukuran secara sistematis, sehingga matematika bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Berkaitan dengan hal ini, penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: 1) perbedaan hasil belajar kelompok siswa yang diajar dengan pendekatan SAVI dengan kelompok siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional, 2) perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa bermotivasi tinggi yang diajar dengan pendekatan SAVI dengan kelompok siswa bermotivasi tinggi yang diajar dengan pembelajaran konvensional, 3) perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa bermotivasi rendah yang diajar dengan pendekatan SAVI dengan kelompok siswa bermotivasi rendah yang diajar dengan pembelajaran konvensional, 4) adanya interaksi antara pendekatan SAVI dengan motivasi terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SDN 022 Kantan Mudik yang terdiri dari dua rombongan belajar yang berjumlah 44 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang termasuk dalam populasi, sehingga teknik pengambilan sampling adalah teknik total sampling. Dari sampel ini maka siswa dibagi atas dua kelas penelitian yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini termasuk jenis quasi eksperimen dengan rancangan 2x2, dan diselenggarakan pada semester I Tahun Ajaran 2011/2012. Data yang dikumpulkan melalui tes hasil belajar akan dianalisis dengan uji-t dan Anava. Hasil analisis data memperlihatkan bahwa, 1) hasil belajar siswa yang diajar dengan pendekatan SAVI tidak berbeda secara signifikan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional, 2) hasil belajar kelompok siswa bermotivasi tinggi yang diajar dengan pendekatan SAVI juga tidak berbeda secara signifikan dengan hasil belajar kelompok siswa bermotivasi tinggi yang diajar dengan pembelajaran konvensional, 3) hasil belajar kelompok siswa bermotivasi tinggi yang diajar dengan pendekatan SAVI memang lebih tinggi, namun secara statistik juga tidak berbeda secara signifikan dengan hasil belajar kelompok siswa bermotivasi rendah yang diajar dengan pembelajaran konvensional, 4) Tidak tedapat interaksi antara pendekatan SAVI dan motivasi dengan hasil belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah pembelajaran pendekatan SAVI memberikan pengaruh yang lebih positif pada hasil belajar matematika siswa di kelas VI SDN 022 Kuantan Mudik jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dalam setiap tingkatan motivasi siswa, dan mempermudah pemahaman siswa dalam menerima materi. Dalam hal ini dituntut kemepuan guru untuk mengembangkan inovasi dalam pengelolaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan SAVI.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i2.3614

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter