PELAKSANAAN KEGIATAN PENGHIJAUAN UNTUK MENINGKATKAN KEPEDULIAN SISWA TERHADAP LINGKUNGAN DI SDN 112 PEKANBARU

Weyn Mardiani

Abstract


Salah satu kegiatan yang dilaksanakan di SDN 112 Pekanbaru dalam rangka meningkatkan kepedulian siswa terhadap lingkungan sekitar adalah melalui program penghijauan. Program ini dilaksanakan karena disebabkan beberapa fenomena yang penulis temukan di SDN 112 Pekanbaru ini, yang antara lain adalah rendahnya kepedulian siswa terhadap lingkungan sekitar sekolah. Hal ini ditunjukkan dari masih banyaknya siswa yang membunag sambah sembarangan, siswa yang berjalan di atas taman, siswa yang mencabut tanaman dan membuangnya sembarangan serta siswa tidak mengenal tanaman-tanaman yang terdapat di lingkungan sekolah.  Penelitian ini telah dilakukan di SDN 112 Pekanbaru Tahun Ajaran 2016/2017 bulan September-Oktober 2016. Subjek penelitian tindakan sekolah ini dilakukan pada siswa-siswa SDN 112 Pekanbaru dengan jumlah sampel 10 orang siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah dengan pelaksanaan kegiatan penghijauan untuk meningkatkan kepedulian siswa terhadap lingkungan di SDN 112 Pekanbaru tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,pengamatan dan refleksi.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan penghijauan dapat meningkatkan kepedulian siswa terhadap lingkungan di SDN 112 Pekanbaru tahun pelajaran 2016/2017. Pada siklus I siswa yang berperan aktif di di dalam program penghijauan ini adalah sebesar 71.3% dan tingkat kepedulian siswa terhadap lingkungan juga meningkat. Pada siklus II siswa yang berperan aktif di di dalam program penghijauan ini adalah sebesar 95% dan tingkat kepedulian siswa terhadap lingkungan juga meningkat dibandingkan dengan sikls sebelumnya.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i2.3605

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter