PENERAPAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Penerapan metode Teams Games Tournament (TGT) mampu memberikan warna dalam proses pembelajaran IPS di sekolah dasar. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa metode mampu membentuk karakter siswa dalam bentuk rasa kebersamaan, tanggung jawab bersama, komunikatif, dan berani menyampaikan pendapat. Dari hasil belajar terbukti bahwa nilai rata-rata evaluasi sebesar 66,95 pada pra siklus I dan 74,74 setelah siklus I, 67,74 pada pra siklus II dan 82 pada setelah siklus II.Kenaikan nilai rata-rata sesudah siklus I dan sesudah siklus II sebesar 7,26 atu 9,71%. Artinya bahw metode ini sangat layak untuk diterapkan di SD padaa mata pelajaraan IPS.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i2.3601
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.