PENERAPAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SEKOLAH DASAR

Sanusi Sanusi

Abstract


Penerapan metode Teams Games Tournament  (TGT)  mampu memberikan warna dalam proses pembelajaran IPS di sekolah dasar. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa metode  mampu membentuk karakter siswa dalam bentuk rasa kebersamaan, tanggung jawab bersama, komunikatif, dan berani menyampaikan pendapat. Dari hasil belajar terbukti bahwa nilai rata-rata evaluasi sebesar 66,95 pada pra siklus I dan 74,74 setelah siklus I,  67,74 pada pra siklus II dan 82 pada setelah siklus II.Kenaikan nilai rata-rata sesudah siklus I dan sesudah siklus II sebesar 7,26 atu 9,71%. Artinya bahw metode ini sangat layak untuk diterapkan di SD padaa mata pelajaraan IPS.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i2.3601

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter