PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA SMP
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem based learning dengan menggunakan peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris pada siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 3 Dumai tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan data dilaksanakan pada bulan Februari sampai bulan Maret 2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-5 SMPN 3 Dumai dengan jumlah siswa 30 orang siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data diambil dari hasil belajar siswa berupa daya serap dan ketuntasan belajar. Daya serap hasil belajar siswa sebelum Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah 67.7 meningkat sebesar 11 pada siklus I menjadi 78.7 dan pada siklus II terjadi peningkatan 4 menjadi 82.7. Ketuntasan Klasikal siswa sebelum PTK 63.3% pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 23.4% menjadi 96.7% pada siklus II menjadi 93.3%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dengan menggunakan peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris pada siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 3 Dumai tahun pelajaran 2015/2016
Keywords
Problem Based Learning, Peta Konsep, Hasil Belajar.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i1.3057
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
indexed by :
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.