METODE DEMONTRASI PADA PELAJARAN IPA DAN PENUGASAN PADA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Rendahnya penguasaan siswa terhadap penguasaan pembelajaran di kelas I SD Negeri 017 Muara Bahan pada mata pelajaran IPA dan IPS, hal ini tampak pada waktu pembelajaran berlangsung banyak anak yang kurang termotivasi. Perbaikan pembelajaran ini memiliki tujuan yaitu dengan menerapkan metode demontrasi muncul keberanian, kepercayaan diri serta motivasi siswa dalam melakukan aktivitas belajar. Dengan menerapkan metode penugasan dapat merangsang siswa lebih aktif dalam belajar dan dapat memperdalam serta menumbuhkan gairah belajar siswa. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 17 Februari sampai dengan 25 Maret 2009 dengan jumlah siswa 20 orang, 10 orang siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Hasil penelitian dengan penerapan metode demontrasi pada pelajarn IPA terjadinya peningkatan ketuntasan dari setiap siklus, sebelum perbaikan ketuntasan mencapai 60%, pada siklus I 75%, dan siklus II 85%. Sedangkan pada pelajaran IPS dengan penerapan metode penugasan siklus I ke siklus II ada peningkatan 15% jadi tinggal 3 orang siswa atau 15% dari 20 siswa yang belum tuntas. Dengan demikian penerapan metode demontrasi dan penugasan pada pelajaran IPA dan IPS dapat meningkatkan motivasi dan daya serap siswa terhadap hasil belajar
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i1.3056
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
indexed by :
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.