MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VIII-C SMPN 3 Tapung Tahun Pelajaran 2015/2016 melalui penerapan model pembelajaran problem posing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan menganalisis secara deskriptif. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan pada bulan September sampai bulan Oktober 2015. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C yang berjumlah 39 orang siswa terdiri dari 19 orang laki-laki dan 20 orang perempuan. Berdasarkan analisis data yang diperoleh peneliti, hasil belajar siswa sebelum PTK yaitu 74.1, setelah PTK pada siklus I sebesar 83.6, maka terjadi peningkatan 9.5 dari sebelum PTK. Hasil belajar siswa pada siklus II yaitu 87.4 terjadi peningkatan 3.8 dari siklus I. Ketuntasan klasikal siswa sebelum PTK yaitu 64.1%, setelah PTK pada siklus I sebesar 87.2% maka terjadi peningkatan sebesar 23.1% dari sebelum PTK, dan ketuntasan klasikal pada siklus II yaitu 92.3%, maka terjadi peningkatan sebesar 5.1%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem posing dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII-C SMPN 4 Tapung Tahun Pelajaran 2015/2016.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i1.3052
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.