METODE TANYA JAWAB MENGGUNAKAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Rosliana Rosliana

Abstract


 

Penelitian bertujuan untuk menganalisa hasil belajar IPS dengan penerapan metode tanya jawab dengan menggunakan peta konsep. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang berjumlah 35 orang kelas IX-C SMP Negeri 3 Tapung tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data di dalam penelitian ini adalah dengan melaksanakan tes dan melakukan observasi aktivitas guru serta observasi aktivitas siswa pada setiap siklus. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data diambil dari hasil belajar siswa berupa daya serap dan ketuntasan belajar. Daya serap hasil belajar siswa sebelum Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah 72.7 meningkat sebesar 8.7 pada siklus I menjadi 81.4 dan pada siklus II menjadi 87.2. Ketuntasan Klasikal siswa sebelum PTK 61.1% pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 27.8% menjadi 88.9% pada siklus II menjadi 94.4%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode tanya jawab dengan menggunakan peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IX-C SMP Negeri 3 Tapung tahun pelajaran 2015/2016.

 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i1.3051

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter