METODE PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Yusnelda Yusnelda

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan metode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII-E SMPN 7 Dumai tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan data dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan bulan Februari 2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-E SMPN 7 Dumai dengan jumlah siswa 33 orang siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Pengumpulan data diambil dari hasil belajar siswa berupa daya serap dan ketuntasan belajar. Daya serap hasil belajar siswa sebelum Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah 74.8 meningkat sebesar 6.4 pada siklus I menjadi 81.2 dan pada siklus II terjadi peningkatan 3 menjadi 84.2. Ketuntasan Klasikal siswa sebelum PTK adalah 63.6% pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 24.3% menjadi 87.9% pada siklus II menjadi 93.9%. Penerapan metode pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas VIII-E SMPN 7 Dumai Tahun Pelajaran 2015/2016.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i1.3050

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter