MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa kelas VII-D SMPN 3 Tapung tahun pelajaran 2016/2017 setelah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada bulan Agustus sampai September 2016. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-D SMPN 3 Tapung yang berjumlah 38 orang siswa yaitu 23 orang siswa putra dan 15 orang siswa putri. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Hasil analisis data deskritif tentang hasil belajar siswa diperoleh bahwa pada siklus I hasil daya serap peserta didik sebelum PTK yaitu 74.5. Setelah PTK pada siklus I sebesar 83.2. Pada siklus II sebesar 85.8. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas VII-D SMPN 3 Tapung tahun pelajaran 2016/2017.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i1.3047
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.