PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROUND TABLE DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA

Nasrul Nasrul

Abstract


Penerapan Model Pembelajaran Round Table Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas VI SD Negeri 004 Domo Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar Tahun 2016. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Dengan menggunakan model pembelajaran Round Table diharapkan hasil belajar PKn siswa kelas VI SD Negeri 004 Domo meningkat. (2) Memotivasi guru dalam mengembangkan metode dan strategi dalam pembelajaran. (3) Meningkatkan kompentensi pedagogik guru dalam menyusun rencana, dan pelaksanaan proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini menggunakan model pembelajaran Round Table  dengan langkah-langkah yaitu: persiapan, pembentukan kelompok, Penyampaian tujuan, Penjelasan tugas yang akan didiskusikan, Guru membagikan kertas kerja, Siswa mengerjakan tugas dengan menuangkan idenya di atas kertas kerja secara bergilir  searah jarum jam. Giliran dibatasi oleh waktu, Kesimpulan, Penyajian hasil, Feedback oleh guru, Evaluasi. Hasil belajar siswa setiap siklusnya mengalami perubahan secara signifikan. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 74 % dengan ketuntasan 79%, lalu meningkat pada siklus  II menjadi 88 %  dengan ketuntasan 100%. (2) Setelah diterapkannya model pembelajaran Round Table yang tepat maka aktivitas dan hasil belajar PKn pada Pokok Bahasan sistem Pemerintahan Republik Indonesia pada siswa kelas VI SD Negeri 004 Domo dapat meningkat.


Keywords


Round Table, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i1.3045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter