METODE PENUGASAN PADA PELAJARAN MATEMATIKA DAN DISKUSI PADA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Jumaryati Jumaryati

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Penugasan pada pelajaran Matematika dan metode Diskusi pada pelajaran IPS. Penelitian yang di laksanakan oleh si peneliti merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dimana jenis dari penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II, yang mana tiap-tiap siklus ini dilakukan beberapa tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat di tarik beberapa kesimpulan, antara lain: (1) melibatkan siswa menggunakan alat peraga dalam pembelajaran dapat memancing keaktifan siswa, sekaligus meningkatkan mutu pemahaman terhadap materi pelajaran, (2) penerapan metode dan media atau alat peraga yang tepat merupakan faktor yang menentukan keberhasilan seorang guru dalam menyampaikan materi pelajaran, dan (3) menjelaskan materi pembelajaran dengan memberikan contoh-contoh yang bervariasi dan dekat dengan lingkungan anak maka dapat meningkatkan penguasaan siswa.


Keywords


Penugasan, Diskusi, Matematika, IPS

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v2i3.2666

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter