METODE PENUGASAN PADA PELAJARAN MATEMATIKA DAN DISKUSI PADA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Penugasan pada pelajaran Matematika dan metode Diskusi pada pelajaran IPS. Penelitian yang di laksanakan oleh si peneliti merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dimana jenis dari penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II, yang mana tiap-tiap siklus ini dilakukan beberapa tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat di tarik beberapa kesimpulan, antara lain: (1) melibatkan siswa menggunakan alat peraga dalam pembelajaran dapat memancing keaktifan siswa, sekaligus meningkatkan mutu pemahaman terhadap materi pelajaran, (2) penerapan metode dan media atau alat peraga yang tepat merupakan faktor yang menentukan keberhasilan seorang guru dalam menyampaikan materi pelajaran, dan (3) menjelaskan materi pembelajaran dengan memberikan contoh-contoh yang bervariasi dan dekat dengan lingkungan anak maka dapat meningkatkan penguasaan siswa.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v2i3.2666
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.